SMA Pangudi Luhur Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


SMA Pangudi Luhur (PL) Yogyakarta
Informasi
Nama latinnone
Didirikan9 Agustus 1952
JenisSwasta
AkreditasiA
Kepala SekolahDrs. Br. Yohanes Sudaryono, FIC., M.Pd.
Jumlah kelas6 kelas setiap tingkat
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX IPA, X IPS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
KurikulumKurikulum 2013
Alamat
LokasiJln.Panembahan Senopati no 18, Yogyakarta, DI. Yogyakarta, Indonesia
Tel./Faks.0274 370310
Koordinatnomer
Situs web[1] www.smaplyk.sch.id
Kampusnone
Moto

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah sejarah SMA Pangudi Luhur Yogyakarta

SMA Pangudi Luhur (PL) Yogyakarta yang terletak di pusat kota Yogyakarta ini semula adalah Sekolah Guru A (Atas: dipersiapkan menjadi guru SMP) Khusus Putra yang didirikan oleh para imam Jesuit pada bulan April 1942. Pada tanggal 9 Agustus 1952 sekolah ini diserahkan kepada para Bruder FIC yang kemudian menempati gedung milik Bruder-bruder FIC di Jln Senopati 16, dan pada tahun 1965 secara resmi dikelola oleh Yayasan Pangudi Luhur (YPL) milik para Bruder FIC.

Tahun 1973 SGAK ini kemudian berubah menjadi SPG dan menerima siswa putri. Setelah melewati perjalanan panjang, terjadi perubahan kurikulum tahun 1989, maka mulai tahun itu SPG berubah menjadi SMA. Dua tahun sebelum itu gedung sekolah resmi berpindah ke Jln.Senopati no 18 (hingga kini).

Seperti bayi yang baru lahir, SMA PL memulai kehidupan baru sebagai sebuah SMA pada tahun tersebut. Berkat usaha keras dari orang-orang yang terlibat di dalamnya, kini SMA PL sudah mengalami banyak kemajuan pesat terutama dari segi fasilitas dan perkembangan sumber daya manusia di dalamnya. Tidak heran jika pada tahun 2005 SMA ini menerima Akreditasi dengan nilai A.

Di bawah pengelolaan para Bruder FIC, SMA PL Yogya bertumbuh menjadi sekolah yang mengunggulkan nilai-nilai kehidupan dalam setiap ilmu yang ditawarkan. Dengan demikian setiap pribadi yang ada di dalamnya akan bertumbuh dalam kesadaran bahwa melalui ilmu pengetahuan hidupku akan kubaktikan bagi Tuhan dan sesama

SMA Pangudi Luhur Yogyakarta, mencoba menjadi SMA yang memiliki fasilitas multimedia yang hebat.

Siswa SMA PL Yogyakarta datang dari segala penjuru Indonesia dari Sumatra sampai Papua. SMA PL Yogyakarta menerima semua agama, menerima semua suku, r

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

EKSTRA KURIKULER[sunting | sunting sumber]

Untuk mencapai pribadi yang utuh tidak hanya cukup dengan ilmu pengetahuan saja, maka SMA Pangudi Luhur juga menawarkan bermacam-macam kegiatan lain yang bisa di ikuti oleh para peserta didik,dalam kegiatan ekstrakurikuler antara lain:

Olah Raga[sunting | sunting sumber]

Kesenian[sunting | sunting sumber]

Ketrampilan[sunting | sunting sumber]

Kreativitas Siswa[sunting | sunting sumber]

Program Rencana ke depan[sunting | sunting sumber]

Era ke depan SMA PL tinggal menjaga fasilitas yang ada. Dan era 10 tahun ke depan adalah era perbaikan SDM di dalam SMA. Semua guru harus fasih berbahasa Inggris, semua guru harus bisa mencari informasi memanfaatkan multimedia kelas yang ada. Internet harus menjadi bagian kehidupan Bapak Ibu Guru. Dan jika diperkenankan setiap malam ada jadwal konfrensi antara guru dengan siswa di rumah masing masing. jadi ada tindak lanjut pembelajaran di sekolah dan dirumah. Bukan main-main konfrensi bisa menggunakan Webcam.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • (Indonesia) [2] [Situs Resmi Yayasan Pangudi Luhur]
  • (Indonesia) [3] [Situs Resmi SMA Pangudi Luhur Yogyakarta]

Templat:Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta