SMA Negeri 1 Lawang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

SMA Negeri 1 Lawang adalah sebuah sekolah menengah atas negeri di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. SMAN 1 Lawang berdiri sejak tahun 1963 dengan katagori filial SMA Negeri 3 Malang dengan alamat lama di Jalan Madukoro, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sejak tahun 1976 pindah ke gedung baru yang berada di Jalan Pramuka nomor 152, peletakan batu pertama pembangunan gedung dilakukan oleh Bupati Malang R. Soewignyo pada tanggal 1 Desember 1973 dan peresmiannya dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, R. Sunandar Priyo Soedarmo pada tanggal 4 Mei 1976 dengan nama SMPP (Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan) Malang dengan data :

No. Statistik Sekolah : 30 105 18 06 002 No. Surat Keputusan : 30 105 18 06 002 Tanggal : 15 Mei 1976. NUS : 2602005.

Adapun nama Kepala Sekolah yang pernah menjabat di SMA Negeri 1 Lawang adalah :

1. R. SOEDARMINTO
2. Drs. BAMBANG POERWONO
3. IMAM SYAFE’I, BA
4. R. SOEDARJO
5. Drs. MOCH WARAS MOENAWAR
6. Drs. MOCH. CHOTIB
7. DJOHAN ARIFIN
8. Drs. SOEHARTOYO
9. Dra. Hj. AFAH WIJIARNI
10. Dra. SRI KUSSUPARTIWI YUTADI
11. Dra. DWI TJAHYONO WIDAYAT, M.Si.
12. Dra. Hj. KUSMIYATI, M.Si.
13. Drs. , FATHEH, M.Pd.
14. Drs. H. SUGENG HADIONO, M.Pd.
15. Drs. H. MASKURI
16. Drs. H. Lukman Alvie
17. Drs. H. Supa'at, M.Si

Saat ini susunan pengelola sekolah adalah : Kepala Sekolah : Drs. H. Supa'at M.Si Waka Kurikulum : Suparno, S.Pd Waka Kesiswaan : M. Juzki Arif, S.Pd I Waka Sarpras : Drs. A.R Supriadi Waka Humas : Drs. Nanang Suatmadji

SMANELA yang berdiri sejak tahun 1963 berdiri diatas lahan seluas 11.800 m2 yang terdiri dari 36 ruang untuk kelas reguler dan 2 ruang untuk kelas akselerasi. Disamping ada beberapa ruang lainnya yang dipergunakan untuk ruang guru, kantor tata usaha, ruang kepala sekolah, ruang bimbingan konseling serta ruang wakil kepala sekolah dan lain lain.

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar tersedia ruang laboratorium (Fisika, Kimia, dan Biologi), ruang komputer, laboratorium bahasa, ruang perpustakaan, masjid, ruang PK & OSIS, ruang UKS, Aula Serbaguna dan ruang untuk hot-spot.

Untuk sarana pengembangan diri disediakan ruang badan dakwah Islam, ruang kesenian (Teater), lapangan bola volly, basket, bulu tangkis, dan studio musik modern & tradisional (karawitan).

SMA Negeri 1 Lawang, yang telah berhasil mencapai Sekolah Standar Nasional (mandiri) dan terakreditasi A, merupakan barometer pendidikan tingkat SMA di Kabupaten Malang dengan sederet prestasi akademik yang telah diraihnya.