SMA Negeri 1 Giri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 1 Giri
Informasi
Didirikan18 Desember 1973
JenisNegeri
AkreditasiA
Nomor Pokok Sekolah Nasional20525855
MaskotWolves Smagi
Kepala SekolahI Ketut Renen, S.Pd., M.Si.
Ketua KomiteA. Fahrurrozi, SH.
Jumlah kelas9 kelas setiap tingkat
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX, XI, XII IPA, XII IPS
KurikulumKurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka
Jumlah siswa984
StatusSekolah Standar Nasional
Alamat
LokasiJalan HOS Cokroaminoto No.38, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Tel./Faks.0333 421719
Situs websman1giri.sch.id
Surelsmangiri1@gmail.com
Moto
MotoNil Satis Nisi Optimum

SMA Negeri 1 Giri (dikenal dengan nama Smagi atau Smada; dahulu SMPP Banyuwangi atau SMA Negeri 2 Banyuwangi) adalah SMA negeri yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto 38, Giri, Banyuwangi, Jawa Timur. Saat ini, SMA Negeri 1 Giri berstatus Sekolah Standar Nasional.

SMA Negeri 1 Giri berlokasi di Jalan HOS. Cokroaminoto dibagian samping sekolah sedang bagian depan sekolah menghadap Jalan Wijaya Kusuma letak strategis ini mudah dijangkau dari segala arah, berdiri di atas tanah 25.855 m2

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Giri semula bernama Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan (SMPP) didirikan berdasar SK MENDIKBUD Nomor 0236/O/1973 tanggal 18 Desember 1973. Sesuai dengan namanya, output dari sekolah ini diharapkan dapat melanjutkan ke perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja maupun berwiraswasta sesuai keterampilan dan kompetensi yang dikuasai.

Dalam perkembangannya, SMPP tahun 1985 berdasarkan SK MENDIKBUD Nomor 0353/O/1985 tanggal 9 Agustus 1985 berubah menjadi SMA Negeri 2 Banyuwangi. Nama ini hanya berlangsung sembilan tahun, sesuai dengan ketentuan DEPDIKNAS tentang penataan nomenklatur sekolah, yang mengacu wilayah tempat sekolah berdiri, karena SMA Negeri 2 Banyuwangi berlokasi di kecamatan Giri, maka pada tahun 1994 berubah menjadi SMU Negeri 1 Giri. Dan pada tahun 2004 nama SMU 1 Giri berubah menjadi SMA Negeri 1 Giri.

Meskipun sudah berganti nama, namun para orang tua lebih suka menyebut sekolah ini SMPP dan untuk para pelajar, lebih suka dan akrab menyebut SMADA. Sejak berdiri sampai saat ini, sudah ribuan para lulusannya yang bekerja di berbagai bidang profesi baik di birokrasi pemerintahan, perusahaan multi nasional/internasional, militer, pengusaha, seni, maupun sebagai atlit olahraga.

Saat ini memiliki 27 rombongan belajar dan berdasarkan ketetapan Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mulai tahun 2013 – 2014 SMA Negeri 1 Giri sebagai pilot project implementasi kurikulum 2013, di samping itu, SMA Negeri 1 Giri menerapkan Sistem Kredit Semester ( SKS ).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]