SLB Kartini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SLB Kartini
Informasi
Didirikan1985
JenisSekolah Luar Biasa
Alamat
LokasiJl Raja Ali HAji Kompleks Sumber Agung Sei Jodoh Batu Ampar, Batam, Kepri, Indonesia
Situs webhttp://slbk-batam.org
Moto

Sekolah Luar Biasa Kartini adalah sekolah luar biasa yang melayani anak yang mempunyai kelainan khusus yang tidak memungkinkan untuk bersekolah di sekolah normal. Pendidikan yang diberikan meliputi jenjang Sekolah Menengah Pertama sampai ke Sekolah Menengah Atas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SLB Kartini didirikan pada bulan Juli 1985 di bawah naungan panji Yayasan Pembina Asuhan Bunda (YPAB) Cabang Batam, yang diketuai oleh Ibu Sri Soesadarsono. Pada awal berdirinya sekolah ini menumpang pada Perpustakaan milik yayasan. Dimulai dengan murid sebanyak 3 orang kelas C (Tuna Grahita) dan seorang guru yang diambil dari alumni SPGLB Bandung (Sofyan Iskandar).

Tahun 1989, sekolah ini dikembangkan sehingga mempunyai fasilitas kelas A, B, C dan D (Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Grahita, Tuna Daksa)

Tahun 1995 oleh Ibu Ketua Yayasan, penyelenggaraan sekolah ini diserahkan dari YPAB ke YKB (Yayasan Keluarga Batam) yang bergerak di bidang pendidikan. Pengalihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan anak SLB Kartini yang berorientasi Prestasi seperti sekolah-sekolah yang dikelolanya.

Tahun 1998, Sekolah Luar Biasa Kartini telah mempunyai 34 orang siswa dengan 6 orang tenaga guru dan beberapa orang pekerja sosial dan tenaga sukarela.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]