SKKL JAKABARE

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
JAKABARE
Jenis kabelSerat Optik
Selesai dibangun17 November 2009
Titik pendaratanTanjung Pakis (Karawang, Jawa Barat), Sungai Kakap (Pontianak, Kalimantan Barat), Tanjung Bemban (Batam), dan Changi (Singapura)
JangkauanJakarta, Pontianak, Batam, Singapura
PemilikTelstra (69 persent), Optus (31 persen)

SKKL JAKABARE atau Sistem Komunikasi Kabel Laut Jawa-Kalimantan-Batam-Singapore adalah sistem kabel laut yang memiliki panjang lebih dari 1.300 kilometer yang dimiliki oleh Indosat[1][2] Sistem komunikasi kabel laut ini menghubungkan kota Jakarta (Jawa), Pontianak (Kalimantan), Batam, dan Singapura sehingga dipendekan menjadi JAKABARE.[1][2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

SKKL JAKABARE diresmikan oleh Indosat pada 17 November 2009 dan telah menghabiskan 100.000.000 USD dalam pembangunannya[3]. Jaringan serat optik tersebut dibuat untuk mengantisipasi kemungkinan permintaan kapasitas yang sangat besar sampai satuan Gbps (Giga bit per detik). JAKABARE berfungsi sebagai redundant atau back up untuk jaringan internasional yang sudah ada[4].

Titik pendaratan[sunting | sunting sumber]

Peta jalur dan empat titik pendaratan Sistem Komunikasi Kabel Laut JAKABARE

Jaringan SKKL JAKABARE memiliki empat titik pendaratan di masing-masing pulau[2]. Antara lain Tanjung Pakis (Karawang, Jawa Barat), Sungai Kakap (Pontianak, Kalimantan Barat), Tanjung Bemban (Batam), dan Changi (Singapura)[2].

Tujuan pembangunan[sunting | sunting sumber]

SKKL JAKABARE dibangun untuk memberikan layanan dan solusi komunikasi terpadu dalam payung ICS (Indosat Corporate Solution) yang dikemas sesuai kebutuhan pelanggan korporat[3]. Jasa yang dapat dilayani Indosat adalah IPLC (International Private Leased Circuit) atau dikenal dengan IWL (Indosat World Link) yaitu sewa jaringan internasional yang menghubungkan Jakarta dengan Singapura atau Batam dengan Singapura, jasa INP (Internet Network Provider) yaitu koneksi internet internasional untuk pelanggan ISP, Jasa INL (Indosat National Link) atau sewa jaringan domestik untuk koneksi Jakarta - Pontianak, Jakarta - Batam dan Pontianak - Batam serta jasa berbasis MPLS yang terdiri dari tiga layanan premium ethernet point to point (Virtual Leased Line), Premium ethernet mutipoint (VPLS) dan IPVPN[2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Indonesia) Kompas. "Indosat Resmikan SKKL JAKABARE dan Satelit Palapa-D". Diakses tanggal 25-Januari-2015. 
  2. ^ a b c d e (Indonesia) T&t Magazine (2010). "Internet Semakin Cepat": 29. 
  3. ^ a b (Indonesia) Okezone. "Indosat Bangun SKKL JAKABARE". Diakses tanggal 25-Januari-2015. 
  4. ^ (Indonesia) Viva News. "SKKL JAKABARE dan Palapa-D Untuk Cadangan". Diakses tanggal 25-Januari-2015.