Sōhei

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sōhei (僧 兵, "tentara biksu", "prajurit biksu") adalah prajurit biksu Budha dari Jepang pada abad pertengahan dan feodal. Pada titik-titik tertentu dalam sejarah, mereka memegang kekuasaan besar, mewajibkan pemerintah kekaisaran dan militer untuk berkolaborasi dengan mereka.

Popularitas Sōhei meningkat seiring dengan naiknya pengaruh perguruan Tendai antara abad ke-10 dan ke-17. Para prajurit melindungi tanah dan mengintimidasi perguruan saingan agama Buddha, menjadi faktor penting dalam penyebaran agama Budha dan pengembangan perguruan yang berbeda selama periode Kamakura.

Sōhei tidak beroperasi sebagai individu, atau bahkan sebagai anggota kuil kecil, individu, melainkan sebagai pejuang dalam persaudaraan besar yang besar. Kuil rumah dari ordo monastik sōhei mungkin memiliki beberapa, jika tidak seratus, biara-biara yang lebih kecil, ruang pelatihan, dan kuil-kuil tingkat bawah yang terhubung dengannya. Sebuah biara Sōhei yang terkenal adalah Enryaku-ji di Gunung Hiei, tepat di luar Kyoto.