Södermalm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Södermalm.JPG

Södermalm, sering disingkat menjadi "Söder", adalah sebuah distrik di pusat kota Stockholm. Ini mencakup pulau besar dengan nama yang sama (sebelumnya disebut "Ason"). Dengan jumlah penduduk 99.685 (Desember 2008) adalah salah satu kabupaten yang paling padat penduduknya dari Skandinavia. Meskipun Södermalm biasanya dianggap sebuah pulau, air untuk kedua utara dan selatan tidak mengalir secara bebas, tetapi melewati kanal air berkunci.

Södermalm terhubung ke sekitarnya oleh sejumlah jembatan. Menghubungkan ke Gamla Stan di utara oleh Slussen, jalan dan kereta api dan kanal air yang memisahkan danau Mälaren dari Laut Baltik, ke Langholmen dan Kungsholmen di barat laut oleh salah satu jembatan besar kota, Västerbron, ke pulau itu Reimersholme ke barat, untuk Liljeholmen ke barat daya oleh jembatan Liljeholmsbron, untuk Årsta oleh Årstabron untuk Johanneshov oleh Johanneshovsbron, Skanstullsbron dan Skansbron ke selatan, dan, akhirnya, untuk Södra Hammarbyhamnen ke timur oleh Danvikstull Bridge.

Secara administratif, Södermalm adalah bagian dari Stockholm Municipality. Ini merupakan bersama dengan Gamla stan dan beberapa kabupaten lain, dari 2007 Södermalms kabupaten administrasi stadsdelsområde, sering diterjemahkan sebagai Södermalm borough.

Södermalm berlokasi di Swedia
Södermalm

Referensi[sunting | sunting sumber]