Russelia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Russelia
Russelia equisetiformis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Tribus:
Genus:
Russelia

Spesies

Lihat teks

Russelia adalah genus tumbuhan berbunga dalam famili Plantaginaceae. Terkadang genus ini ditempatkan dalam famili Scrophulariaceae atau Veronicaceae.[1] Nama genus ini ditunjukan untuk menghormati seorang naturalis asal Skotlandia, Alexander Russell (1715–1768).[2] Spesiesnya tumbuh di banyak bagian dunia dan agak tahan kekeringan.

Spesies Russelia equisetiformis dan Russelia sarmentosa biasa digunakan untuk menyembunyikan dinding penahan tanah atau pagar yang tidak menarik karena tumbuh dengan cepat dan memiliki dedaunan yang lebat, tumbuh hingga ketinggian maksimum 1,8 m. Mereka merupakan semak yang akan mentolerir sinar matahari penuh hingga teduh parsial. Sebagai malar hijau mereka mekar hampir sepanjang tahun.

Karena bunganya yang berwarna menarik, tumbuhan ini menarik burung dan serangga (seperti lebah) yang memakan nektar bunga.

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Genus: Russelia Jacq". Germplasm Resources Information Network. United States Department of Agriculture. 2006-04-20. Diakses tanggal 2011-10-21. 
  2. ^ Quattrocchi, Umberto (2000). CRC World Dictionary of Plant Names: Common Names, Scientific Names, Eponyms, Synonyms, and Etymology. IV R-Z. Taylor & Francis US. hlm. 2354. ISBN 978-0-8493-2678-3. 
  3. ^ "Species Records of Russelia". Germplasm Resources Information Network. United States Department of Agriculture. Diakses tanggal 2010-07-10.