Run-of-the-mill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Run-of-the-mill merupakan sebuah idiom bahasa Inggris yang artinya adalah sesuatu yang biasa dan tidak ada yang spesial dari sesuatu hal tersebut.

Contoh kalimat:

  1. The event is not just a run-of-the-mill conference.[1] (Acara ini bukanlah merupakan sebuah konferensi yang biasa-biasa saja.)
  2. It was a run-of-the-mill action movie—fine to kill a couple hours, but nothing special.[2] (Film ini adalah film laga yang biasa-biasa saja—lumayan untuk menghabiskan waktu selama beberapa jam, tapi tidak ada yang spesial dari film ini.)
  3. I was just a very average run-of-the-mill kind of student.[3] (Saya hanyalah pelajar yang biasa-biasa saja.)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kata mill itu pada awalnya mengacu kepada bangunan yang dilengkapi dengan mesin-mesin yang menggiling gandun dan menjadikan gandum tersebut menjadi tepung. Biasanya mesin-mesin ini dijalankan oleh daya yang berasal dari air atau angin.

Seiring berjalannya waktu, mill itu artinya menjadi tempat apa pun yang memproduksi barang atau di bahasa Indonesia dikenal dengan istilah pabrik. Sawmill atau tempat pengergajian kayu misalnya, adalah tempat yang memproduksi barang-barang seperti misalnya papan triplek dan papan kayu.

Jadi frasa kata run-of-the-mill ini berasal dari pengontrolan kualitas barang yang terjadi di pabrik. Barang-barang yang diproduksi oleh sebuah pabrik sebelum barang-barang tersebut kemudian masuk ke pengecekan kualitas. Karena belum masuk ke pengecekan kualitas maka barang yang diproduksi tersebut bisa saja bagus, bisa juga buruk, bisa juga sedang-sedang saja kualitasnya.

Perbedaan dari kualitas setelah melalui pengecekan kualitas tercermin dari harga barang tersebut. Sebuah laporan pada tahun 1876 kepada gubernur Tennessee[4] mengambarkan kondisi manufaktur yang terjadi di wilayah Cog Hill, di Conesauga Creek. Harga lumber yang termasuk ke dalam kategori run-of-the-mill berada di kisaran harga $10.00 per seribu kaki, sementara harga untuk kayu pilihan ada di kisaran harga $12.50.

Sekarang ini frasa kata run-of-the-mill ini tidak menggambarkan tingkat kualitas, namun frasa kata ini hanya berarti rata-rata saja atau standar-standar saja. Tidak ada yang spesial.

Frasa kata ini pertama tercatat pada tahun 1919.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "RUN-OF-THE-MILL | meaning in the Cambridge English Dictionary". dictionary.cambridge.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-08. 
  2. ^ "run-of-the-mill". TheFreeDictionary.com. Diakses tanggal 2019-06-08. 
  3. ^ "Run-of-the-mill definition and meaning | Collins English Dictionary". www.collinsdictionary.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-08. 
  4. ^ Killebrew, Joseph Buckner (2005). Report on the Ocoee and Hiwassee mineral district. 
  5. ^ "Definition of RUN-OF-THE-MILL". www.merriam-webster.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Run-of-the-mill, Merriam Webster Dictionary
  2. run-of-the-mill. (n.d.) Farlex Dictionary of Idioms. (2015).
  3. Run-of-the-mill, Cambridge Dictionary.
  4. Arti run of the mill.
  5. What’s the Origin of ‘Run-of-the-Mill’?
  6. Run-of-the-mill, COBUILD Advanced English Dictionary.