Rumah Sakit dr. Soedjono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rumah Sakit Tk. II dr. Soedjono
Gambar Dirkesad.png
Logo Puskesad
Aktif 1 November 1973
Cabang Kesehatan
Tipe unit B
Peran Melayani Kesehatan prajurit, PNS, dan masyarakat umum
Bagian dari Kesdam IV/Diponegoro
Alamat Jl. Urip Sumoharjo, No. 48 Kota Magelang
Julukan Rumkit Tk. II 04.05.01 dr. Soedjono
Moto Hesti Wira Sakti
Komandan tempur
Karumkit Kolonel ckm dr. Rahmat Saptono, Sp.OG

Rumah Sakit dr. Soedjono (atau Rumkit Tk. II 04.05.01 dr. Soedjono) merupakan rumahsakit tingkat II yang terletak di Kota Magelang dan berada dibawah kendali Kesehatan Daerah Militer IV/Diponegoro. Rumkit TK.II 04.05.01 dr.Soedjono Magelang memiliki tugas pokok melaksanakan pembinaan dan pelayanan kesehatan kepada Prajurit TNI , PNS – TNI beserta keluarganya di wilayah Kodam IV/Diponegoro dalam rangka mendukung tugas pokok satuan serta melayani masyarakat umum yang hendak berobat. Rumah Sakit Tk.II dr.Soedjono juga menyelenggarakan PPK I untuk fasilitas kesehatan BPJS.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rumah Sakit yang dibangun tahun 1917 sebagai tempat pelayanan militer dan umum Belanda, tahun 1942 khusus merawat orang I tentara Jepang, diubah menjadi RS PMI Magelang 1945 diganti menjadi RSU Wates, Magelang pada 1 Januari 1947. Menjadi RST Divisi III sejak diserah terimakan kepada kepala DKT Divisi III tanggal 1 Maret 1948. Kemudian untuk mengenang jasa Letkol dr. Soedjono seorang dokter Brigade Kuda Putih yang gugur saat melawan Belanda di daerah desa Pakis Kabupaten Magelang dekat lereng Gunung Merbabu rumah sakit ini diganti namanya menjadi Rumah Sakit dr. Soedjono tanggal 1 Nopember 1973.

Sejak didirikan sampai dengan tahun 1980 kondisi bangunan Rumah Sakit tidak mengalami perubahan, baru pada tahun 1981 ada penambahan bangunan poliklinik dan UGD. Tahun 1986 penambahan kamar bedah sentral serta dibukanya pintu gerbang timur yang bertujuan tidak saja untuk melayani anggota TNI tetapi juga melayani masyarakat umum. Saat ini Rumah Sakit dr. Soedjono selalu berbenah baik dalam peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan maupun peningkatan profesionalisme anggota

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

1. UGD (ICU/ICCU)

2. Ruang Bedah

3. Ruang Rawat Inap VIP

4. Ruang Rawat Inap Reguler

5. Ruang Radiologi

6. Poliklinik Orthopaedi

7. Apotek 'A'

8. Apotek 'B'

9. Poliklinik Anak

10. Poliklinik Jantung

11. Poliklinik Syaraf

12. Poliklinik Mata

13. Poliklinik Gigi & Mulut

14. Poliklinik THT

15. Laboratorium

Referensi[sunting | sunting sumber]