Rudram (peluru kendali)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rudram-1 pada pesawat Sukhoi Su-30MKI

Rudram (IAST: Rudram, artinya penghilang kesedihan) adalah serangkaian rudal serangan darat udara-ke-permukaan dan anti-radiasi yang sedang dikembangkan oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India. Senjata India. ini dapat diluncurkan dari berbagai ketinggian dengan jarak kebuntuan yang besar untuk menghancurkan radar pengawasan musuh, stasiun komunikasi, dan bunker. Ini akan diproduksi bersama oleh Bharat Dynamics Limited dan Bharat Electronics Limited setelah uji coba dan perkenalan. DRDO juga melibatkan Adani Defense dan Aerospace di bawah program Development cum Production Partner untuk produksi massal .[1][2][3][4][5][6][7][8]

DRDO ARM memiliki jangkauan 100–250 km yang dibuat untuk diintegrasikan dengan Sukhoi Su-30MKI sebagai platform uji utamanya, meskipun dapat digunakan dengan Dassault Mirage 2000, SEPECAT Jaguar, HAL Tejas dan HAL Tejas Tandai 2/MWF di masa depan. Menurut Direktur Pusat Penelitian Imarat saat itu, G. Satheesh Reddy, rudal tersebut akan dilengkapi pencari gelombang milimeter (mmW) yang memancarkan frekuensi 30 gigahertz ke atas dan mampu mengunci sebelum diluncurkan dan mengunci setelahnya. mode peluncuran. Panduan di tengah jalur dicapai melalui sistem navigasi inersia dan datalink dua arah dikombinasikan dengan panduan satelit Global Positioning System/ NavIC melalui penyaringan digital sebagai cadangan untuk memperbaiki kesalahan yang terakumulasi dan pencari homing head pasif (PHH) yang dikembangkan oleh Laboratorium Penelitian Elektronika Pertahanan yang dapat mendeteksi emisi frekuensi radio dari jarak 100 km. PHH adalah sistem penerima pita lebar yang beroperasi dalamfrekuensi pita D hingga pita J dari spektrum elektromagnetik . [36] Struktur front-endnya yang ringkas disebabkan oleh penggunaan sirkuit terpadu gelombang mikro monolitik(MMIC) teknologi untuk identifikasi sumber pemancar radiasi.

Rudal ini merupakan rudal satu tahap, dengan panjang sekitar 5,5 meter dan berat 600 kg dengan permukaan sayap berbentuk salib untuk meningkatkan kemampuan manuver yang tinggi dan memberikan karakteristik aerodinamis yang konstan mirip dengan rudal di luar jangkauan visual Astra. Pesawat ini menggunakan hulu ledak yang telah terfragmentasi dengan bahan bakar proximity optik dan ditenagai oleh motor roket padat berdenyut ganda yang dibuat oleh Premier Explosives Limited di bawah transfer teknologi dari DRDO. Motor roket padat berdenyut ganda menghasilkan daya dorong variabel dalam kisaran 0,6 hingga 2 Mach yang mengurangi waktu reaksi keseluruhan sekaligus memperluas cakupan penargetan serta kemampuan keterlibatan. DRDO ARM dapat menargetkan sistem pertahanan udara terintegrasi seluler serta stasiun radar yang dimatikan untuk menghindari deteksi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kulkarni, Sushant (11 October 2020). "Why anti-radiation missile Rudram matters". The Indian Express. Diakses tanggal 11 October 2020. 
  2. ^ Linganna, Girish (31 July 2022). "The underdog Rudram missiles: India's mysterious anti-radiation munition". Financialexpress (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-20. 
  3. ^ "India Tests New Anti-Radiation NGARM Missile To Destroy Surveillance Targets". EurAsian Times (dalam bahasa Inggris). 2019-01-25. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  4. ^ "DRDO Bets Big on Indigenous Capabilities". Daily Defence News (dalam bahasa Inggris). 2019-11-09. Diakses tanggal 2020-02-18. 
  5. ^ "DRDO Tests New Anti-Radiation Missile". www.defense-aerospace.com. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  6. ^ "DRDO Makes Country Proud By Successfully Testing Anti-Radiation Missile Ahead of R-Day". indiatimes.com (dalam bahasa Inggris). 2019-01-25. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  7. ^ Raghuvanshi, Vivek (2017-08-08). "Indian AF Says New Indigenous Missile Will Be Too Heavy". Defense News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-17. 
  8. ^ Manghat, Sajeet (2022-10-19). "How Adani Defence Has Scaled Up In The Last Five Years". BQ Prime (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-19.