Rubing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelompok Langkofel dengan rubing Langkofel yang terlihat jelas (Langkofelscharte) kiri tengah
Brèche de Roland di Pyrenees

Dalam geomorfologi, rubing[1] (Inggris: col) adalah titik terendah pada punggung gunung di antara dua puncak.[2] Bisa juga disebut celah.[2] Jalur ini umumnya tidak cocok untuk dilalui jalur pegunungan, tetapi terkadang dilintasi jalur bagal atau jalur pendaki. Istilah rubing cenderung lebih diasosiasikan dengan pegunungan daripada pegunungan.[3][4]

Ketinggian puncak di atas tertinggi rubing (disebut rubing kunci) secara efektif merupakan ukuran keunggulan topografi suatu gunung. Rubing terletak di garis batas air antara dua gunung, sering kali di punggung bukit atau bubung yang menonjol. Misalnya saja tiang tertinggi di Austria, Obere Glocknerscharte ("Kol Glockner Atas", 3,766 M (AA)) terletak di antara Kleinglockner (3,783 M di atas permukaan laut (AA)) dan Grossglockner (3,798 M di atas permukaan laut (AA)), menjadikan Kleinglockner keunggulan minimum 17 meter.[5]

Mayoritas rubing tidak diberi nama dan tidak pernah dilintasi atau hanya dilintasi saat melewati garis punggung bukit. Banyak puncak ganda yang dipisahkan oleh rubing yang menonjol. Perbedaannya dengan nama lain untuk patahan di punggung gunung seperti pelana atau celah angin, tidak ditentukan secara jelas dan dapat beragam dari satu tempat ke tempat lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Arti kata rubing dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. ^ a b Whittow, John (1984). Dictionary of Physical Geography. London: Penguin, 1984, p. 103. ISBN 0-14-051094-X.
  3. ^ Chambers 21st Century Dictionary, Allied.
  4. ^ "col", in Trésor de la langue française informatisé [Digitized Treasury of the French Language], 2012.
  5. ^ Willi End, Hubert Peterka (1990). Alpenvereinsführer Glockner- und Granatspitzgruppe. Munich: Bergverlag Rudolf Rother. ISBN 3-7633-1258-7.