Celah gunung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah jalan antara Gunung Washington dan Gunung Clay di New Hampshire, Amerika Serikat. Celah gunung terletak dari kiri ke kanan dalam foto tersebut.
Celah gunung yang diidealisasi digambarkan dengan garis hijau; titik pelana berwarna merah.

Celah gunung adalah sebuah rute atau jalur untuk melintasi sebuah rangkaian pegunungan atau sepanjang perbukitan. Karena beberapa rangkaian pegunungan memiliki tempat-tempat pemberhentian untuk perjalanan, celah gunung memiliki pengaruh besar semenjak sebelum sejarah tercatat, dan memainkan peran penting dalam perdagangan, peperangan, dan migrasi manusia. Pada ketinggian yang lebih rendah, celah gunung disebut sebagai celah bukit. Celah gunung tertinggi di dunia yang dapat dilewati kendaraan bermotor adalah Celah Mana, yang terletak di Pegunungan Himalaya di perbatasan antara India dan Tibet.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Puncak sebuah jalur merupakan satu-satunya tempat datar di kawasan tersebut, sehingga terkadang digunakan untuk membangun bangunan. Jika perbatasan nasional mengikuti rangkaian pegunungan, sebuah jalur di atas pegunungan tersebut biasanya berada pada perbatasan tersebut, dan terdapat sebuah stasiun pabean atau kontrol perbatasan, dan mungkin juga pos militer. Contohnya, Argentina dan Chili berbagi perbatasan internasional terpanjang ketiga di dunia, yang memiliki panjang 5300 kilometer (3300 mi). Perbatasan tersebut berada di sepanjang pegunungan Andes yang membentang dari utara sampai selatan, dengan total 42 jalur gunung.[1][2] Sebuah tanda samping jalan kecil mencantumkan nama jalur tersebut dan ketinggiannya di atas permukaan laut dipasang pada jalan di sepanjang sebuah jalur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Principales Pasos Nacionales e Internacionales – Estado de los Pasos Fronterizos" (dalam bahasa Spanish). Gendarmería Nacional Argentina. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 March 2010. Diakses tanggal 4 March 2010. 
  2. ^ "Pasos - Chile" (dalam bahasa Spanish). Gendarmería Nacional Argentina. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-18. Diakses tanggal 4 March 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]