Roman d'Alexandre en prose

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Aleksander mengalahkan Porrus, Raja India (BL Royal MS B xx, c. 1420)
Olympias dan Nectanabus mengunjungi Aleksander (Royal MS 19 D i, c. 1340)

Roman d'Alexandre en prose (Prose Alexander-Romance) adalah salah satu dari beberapa "romansa Aleksander" Abad Pertengahan yang berkaitan dengan petualangan Aleksander Agung, yang kemudian dibumbui tambahan-tambahan fantasi ke dalam catatan sejarah tersebut. Aleksander merupakan salah satu dari "Sembilan Jagoan" pada abad pertengahan, dan perjalanannya ke wilayah timur—yang sebagian besar orang dan hewan eksotis dan aneh ia temuai disana—dicantumkan pada sejumlah teks berbeda dalam berbagai genre. Berdasarkan pada sejumlah besar manuskrip yang masih ada, Roman d'Alexandre en prose yang berbahasa Prancis Lama dianggap sebagai kisah legenda paling populer.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cary, George (1987). D. J. A. Ross, ed. The Medieval Alexander. Cambridge: Cambridge University Press. hlm. 47. ISBN 0824077520. 

Edisi[sunting | sunting sumber]

  • Hilka, Alfons (1920). Der altfranzösiche Prosa-Alexanderroman. Halle: Niemeyer. 
  • Otaka, Yorio; Fukui, Hideka; Ferlampin-Archer, Christine (2008). Roman d'Alexandre en Prose: [British Library, Royal 15. E. vi]. [Osaka]: Centre de la recherche interculturelle à l'Université Otemae. ISBN 9784990428709. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]