Rohan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rohan adalah nama sebuah kerajaan di Bumi tengah yang hanya terdapat dalam kisah fiksi fantasi The Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien. Kerajaan ini sering muncul dan disebut-sebut dalam trilogi The Lord of the Rings.

Rohan terletak di sebelah utara kerajaan Gondor. Wilayahnya berupa padang rumput yang luas dan anginnya teduh. Penduduknya disebut Rohirrim, yang merupakan bangsa petani dan peternak kuda. Rohan terkenal sebagai “Kerajaan Para Penunggang Kuda” karena Rohirrim mahir berkuda dan seluruh pasukan Rohan mengendarai kuda saat berperang.

Rohan dalam Karya Tolkien[sunting | sunting sumber]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Rohan adalah dunia pedalaman. Pedesaannya digambarkan sebagai tanah padang rumput dan padang rumput yang rimbun yang sering berangin. Padang rumput berisi "banyak kolam yang tersembunyi, dan hektar luas tanah melambai di atas rawa basah dan berbahaya" yang menyirami rumput. Tanah Rohan sering digambarkan sebagai "rumput laut", dan karenanya sempurna untuk kuda. (Kata Sindarin roch, dari mana Rohan berasal, berarti kuda.)

Karen Wynn Fonstad menghitung Rohan menjadi area seluas 52.763 mil persegi (136.656 km²) (sedikit lebih besar dari Inggris). Pada saat Perang Cincin, Rohan kira-kira sepertiga ukuran Gondor, yang perbatasannya perlahan menyusut selama berabad-abad.

Iklim benua yang hangat umumnya membawa musim panas yang panas dan cepat tetapi musim dingin yang pendek, menandai titik tengah antara musim dingin yang keras di Wilderland di utara dan musim panas Gondor yang panjang di Mediterania di selatan. Angin bisa datang dari hampir semua arah dan cuaca sangat bervariasi di musim apa pun.

Perbatasan[sunting | sunting sumber]

Perbatasan Rohan adalah:

Utara: hutan Fangorn; Sungai Limlight dan Anduin; dan dinding Emyn Muil. Setelah Perang Cincin, kerajaan diperluas ke utara melewati Limlight ke perbatasan Lothlórien.

Timur: mulut sungai Entwash; dan Aliran Mering (yang memisahkan Rohan dari provinsi Anórien, yang dikenal Rohirrim sebagai Sunlending)

Selatan: Pegunungan Putih

Barat: sungai Adorn dan Isen, tempat Rohan berbatasan dengan Isengard dan tanah suku Dunlendings. Wilayah perbatasan barat dikenal sebagai Celah Rohan; di sini Pegunungan Berkabut dan Pegunungan Putih semakin dekat satu sama lain. Namun, setelah akhir dari Zaman Ketiga, "... kerajaan itu diperluas ke barat melewati Celah Rohan sejauh Greyflood dan pantai-pantai antara sungai dan Isen ...".

Ibukota[sunting | sunting sumber]

Ibu kota Rohan adalah "kota" Edoras yang dibentengi yang terletak di sebuah bukit di lembah Pegunungan Putih. "Edoras" adalah bahasa Inggris Kuno untuk "lampiran", yang dianggap Tolkien sebagai terjemahan dari nama Rohirric yang tidak diketahui dengan arti yang sama. Kota Edoras dibangun oleh Raja kedua Rohan, Brego putra Eorl yang Muda. Sebelum Edoras selesai, ibu kota Rohan berada di Aldburg.

Bukit tempat Edoras berdiri di mulut lembah Harrowdale. Sungai Snowbourn mengalir melewati kota di jalan timur menuju Entwash. Kota ini dilindungi oleh tembok tinggi dari kayu, dan jalan satu arah memungkinkan akses ke kota. Tepat sebelum gerbang, dua baris gundukan berbaris di jalan, yang berisi kuburan para mantan Raja Rohan.

Meduseld, Aula Emas Raja-Raja Rohan, terletak di pusat kota di puncak bukit. "Meduseld", bentuk modern dari Maeduselde Inggris Kuno, juga dimaksudkan untuk menjadi terjemahan dari nama Rohirric yang tidak diketahui yang berarti "aula mead". Meduseld adalah aula besar dengan atap jerami yang tampak keemasan dari kejauhan. Dindingnya dihiasi dengan permadani yang menggambarkan sejarah dan legenda Rohirrim, dan berfungsi sebagai rumah bagi Raja dan kerabatnya, ruang pertemuan untuk Raja dan penasihatnya, dan ruang pertemuan untuk upacara dan perayaan. Meduseld menghadap ke arah dataran Rohan, dan pintunya menghadap ke Éothéod, rumah leluhur Rohirrim yang terbentang di cakrawala di utara.

Di Meduseld inilah Aragorn, Gimli, Legolas, dan Gandalf bertemu dengan Raja Théoden dalam kisah tahap-tahap awal Perang Cincin....

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dahulu, kaum Rohirrim tinggal jauh di Utara, di hulu Sungai Besar. Mereka terjajah oleh Kerajaan Sihir Angmar sebelum kerajaan itu runtuh. Setelah merdeka, kaum Rohirrim memulai pembangunan mereka. Mereka bertetangga dengan kaum Holbytla, nenek moyang Hobbit. Salah satu raja mereka yang terkenal yaitu, Fram. Fram terkenal atas jasanya membunuh Schata, seekor Naga. walaupun ia meninggal dibunuh Kurcaci (dunia tengah) karena mengklaim harta Schata sebagai miliknya. Harta itu seebenarnya milik Kurcaci.

Kaum Rohirrim bermigrasi ke selatan pada masa Eorl, sehingga mereka dipanggil Eorlingas. Pada masanya, Gondor sedang mengalami invasi berat oleh Orc dari Mordor dan kaum Easterlings dari Timur Dunia Tengah. Cirion sang Pejabat Gondor (2567 - 2605) mengirim surat permintaan bantuan pada seluruh sekutunya. Eorl pun terpanggil. Ia berkuda sepanjang lembah Sungai Besar Anduin menuju Wold Terbuka, dimana Pasukan Gondor masih menahan serangan Orc. Pasukan itu nyaris dihancurkan oleh para Orc, dan kemenangan sudah hampir dicapai para Orc. Namun Eorl menggempur secara tiba-tiba, dan membuat barisan Orc terpencar menuju Pegunungan Putih. Atas jasa Eorl, Cirion memberikan seluruh Provinsi Calenardhon untuk di perintah rakyat Eorl. Kerajaan Rohan pun dipindah ke sana.

Perang Cincin[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Cincin, Rohan diinvasi dari utara oleh Orc dari Isengard, atas perintah Saruman. Rohan menderita kekalahan besar di Ford sungai Isen, menyebabkan ribuan Orc membanjir ke Benteng Hornburg. Tapi serangan Orc dipatahkan oleh Marsekal Eomer. Peristiwa ini dinamakan Pertempuran Hornburg.

Raja Theoden memimpin pasukan Rohan menuju pertempuran Pelennor di depan Minas Tirith, dan meninggal di sana. Jabatan Raja pun diberikan kepada Eomer.

Kuda[sunting | sunting sumber]

Rohan terutama terkenal akan Kudanya. Kekuatan Militer Rohan bertumpu pada Kavaleri-kavalerinya. Salah satu Kuda terbaik Rohan, adalah Shadowfax, kuda yang diberikan RajaTheoden pada Gandalf. Kuda itu berwarna putih salju, dengan kecepatan yang tidak bisa ditandingi kuda lainnya.