Rohan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Rohan adalah nama sebuah kerajaan di Bumi tengah yang hanya terdapat dalam kisah fiksi fantasi The Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien. Kerajaan ini sering muncul dan disebut-sebut dalam trilogi The Lord of the Rings.

Rohan terletak di sebelah utara kerajaan Gondor. Wilayahnya berupa padang rumput yang luas dan anginnya teduh. Penduduknya disebut Rohirrim, yang merupakan bangsa petani dan peternak kuda. Rohan terkenal sebagai “Kerajaan Para Penunggang Kuda” karena Rohirrim mahir berkuda dan seluruh pasukan Rohan mengendarai kuda saat berperang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dahulu, kaum Rohirrim tinggal jauh di Utara, di hulu Sungai Besar. Mereka terjajah oleh Kerajaan Sihir Angmar sebelum kerajaan itu runtuh. Setelah merdeka, kaum Rohirrim memulai pembangunan mereka. Mereka bertetangga dengan kaum Holbytla, nenek moyang Hobbit. Salah satu raja mereka yang terkenal yaitu, Fram. Fram terkenal atas jasanya membunuh Schata, seekor Naga. walaupun ia meninggal dibunuh Kurcaci (dunia tengah) karena mengklaim harta Schata sebagai miliknya. Harta itu seebenarnya milik Kurcaci.

Kaum Rohirrim bermigrasi ke selatan pada masa Eorl, sehingga mereka dipanggil Eorlingas. Pada masanya, Gondor sedang mengalami invasi berat oleh Orc dari Mordor dan kaum Easterlings dari Timur Dunia Tengah. Cirion sang Pejabat Gondor (2567 - 2605) mengirim surat permintaan bantuan pada seluruh sekutunya. Eorl pun terpanggil. Ia berkuda sepanjang lembah Sungai Besar Anduin menuju Wold Terbuka, dimana Pasukan Gondor masih menahan serangan Orc. Pasukan itu nyaris dihancurkan oleh para Orc, dan kemenangan sudah hampir dicapai para Orc. Namun Eorl menggempur secara tiba-tiba, dan membuat barisan Orc terpencar menuju Pegunungan Putih. Atas jasa Eorl, Cirion memberikan seluruh Provinsi Calenardhon untuk di perintah rakyat Eorl. Kerajaan Rohan pun dipindah ke sana.

Perang Cincin[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Cincin, Rohan diinvasi dari utara oleh Orc dari Isengard, atas perintah Saruman. Rohan menderita kekalahan besar di Ford sungai Isen, menyebabkan ribuan Orc membanjir ke Benteng Hornburg. Tapi serangan Orc dipatahkan oleh Marsekal Eomer. Peristiwa ini dinamakan Pertempuran Hornburg.

Raja Theoden memimpin pasukan Rohan menuju pertempuran Pelennor di depan Minas Tirith, dan meninggal di sana. Jabatan Raja pun diberikan kepada Eomer.

Kuda[sunting | sunting sumber]

Rohan terutama terkenal akan Kudanya. Kekuatan Militer Rohan bertumpu pada Kavaleri-kavalerinya. Salah satu Kuda terbaik Rohan, adalah Shadowfax, kuda yang diberikan RajaTheoden pada Gandalf. Kuda itu berwarna putih salju, dengan kecepatan yang tidak bisa ditandingi kuda lainnya.