Rockto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Rockto a.k.a Rock Today merupakan sebuah platform rekomendasi sosial yang memanjakan para penggunanya untuk saling berbagi informasi apapun dalam berbagai bentuk dengan cara yang beda dan menyenangkan. Startup yang berasal dari Indonesia ini memiliki fitur sharing yang mempermudah user untuk mendapatkan informasi dari hal yang hanya user sukai dan minati saja. Fitur yang ada dalam platform rekomendasi sosial ini pun tidak hanya sebatas pada fitur sharing, tetapi juga ada Rockpoints, Rock Buttons, Badges, dan berbagai fitur menarik lainnya yang membuat bertukar dan berbagi informasi menjadi menyenangkan. Rockto dikembangkan oleh Errol Widhavian, Kristian Nalindra, Mustafa Kemal, dan Ilham Syafrialdi yang keempatnya adalah lulusan dari Universitas Bina Nusantara, Jakarta. Mereka berempat telah mengembangkan Rockto sejak pertama kali website ini dibuat, yaitu pada tahun 2010 silam. Awalnya pada tahun 2004 mereka pernah juga mendirikan sebuah website yang bernama Rocktofolio.info, tetapi website ini sangat berbeda dengan Rockto karena hanya menyediakan berita - berita tentang perkembangan fashion, musik, dan design. Kini Rockto telah menjadi salah satu website yang memiliki pengunjung setia dan telah berkembang menjadi platform rekomendasi sosial yang dapat diperhitungkan. Terbukti dengan berbagai prestasi yang pernah diterimanya dalam beberapa tahun terakhir, hanya perlu waktu satu tahun Rockto dapat menerima penghargaan dari iMulai dan juga penghargaan dari Bubu Awards pada tahun 2011 sebagai The Best Digital Marketing Plan untuk Start up.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak pertama kali didirikan Rockto sudah berfokus pada penyalur rekomendasi dari seseorang user kepada pengikutnya, dan kemudian mengintegrasikannya dengan media sosial lain yang terkoneksi olehnya. Karena mereka berpendapat bahwa rekomendasi adalah sebuah kepanjangan dari informasi yang dimana informasi adalah sebuah data yang bergerak atau tersampaikan. Data tersebut merupakan emas dari sebuah rekomendasi, karena data tersebut dapat digunakan oleh para pengembang aplikasi untuk suatu saat digunakan oleh industri dan lainnya. Berawal dari pemahaman tersebut mereka mulai mengembangkan Rockto agar dapat menjadi wadah dimana kita dapat saling bertukar dan berbagi informasi baik itu film, tulisan, games, acara, foto, video, dan apapun itu dan saling merekemondasikannya satu sama lain dengan user yang juga memiliki fokus minat dan kesukaan yang sama dengannya. Errol Widhavian merupakan orang yang bertanggugjawab atas segala source code engine di Rokcto.com, dia adalah programmer yang telah membuat rockto begitu indah dan nyaman untuk disluncuri. Kemudian juga seorang Kristian Nalindra Harahap sebagai CFO yang mengatur segala keuangan dan paling bertanggungjawab dalam hal kesepakatan dan keuangan. Ilham Syarifadi sebagai CBDO, adalah seorang yang bertanggungjawab atas segala rencana kreatif produk Rockto, seorang yang kreatif membuat campaign yang efisien, menarik minat sponsor, dan membuat client terpesona adalah kehebatan darinya. Dan yang terakhir adalah Mustafa kemal yang dipercaya sebagai pemimpin perusahann ini. Mereka berempatlah yang mengawali proses perkembangan Rockto, dengan pertanyaan "What's Rock Today ?" disetiap timeline yang dibuka oleh pengguna Rockto kita diajak untuk berbagi suatu yang menarik hari ini. Penggunaan kata "Rock" yang terkesan catchy ditelinga masyarakat menjadi daya tarik awal dari perkembangan Rockto. Tetapi tidak semua yang direncanakan bisa berjalan dengan mudah, kendala utama yang dihadapi oleh startup yang masih seumur jagung ini adalah dana. Mereka terpakasa harus bekerja untuk membiayai project kecil ini, tetapi tanpa disangka pada masa produksi di juli 2010 hanya bersama 4 member utama dan 2 member fiktif mereka berhasil mengumpulkan 3,5 juta hit hanya dengan waktu setengah tahun dan dengan budget marketing yang sangat terbatas.

Rockto terus berkembang dari bulan ke bulan, semakin banyak ide kreatif yang mereka telurkan kepermukaan. Diawali dari kesadaran akan kesulitan dalam menggunakan iklan dan variannya untuk mempromosikan Rockto kepada khalayak karena produk mereka yang tidak dapat dijual dan dirasa secara fisik memaksa mereka berpikir lebih untuk mengembangkan platform ini. Tercetus sebuah ide untuk membuat sebuah strategi marketing yang mengarah pada Community Development, khususnya komunitas yang berjalan secara online. Mereka percaya bahwa komunitas lebih mudah berkembang dan akan dengan mudah mendapatkan orang - orang yang bersedia berkontribusi tanpa pamrih untuk keberlangsungan komunitas tersebut. Sebut saja Apple dengan komunitasnya yang bernama Apple Fanboy, dan juga Kaskus dengan Kaskusernya, dan begitu juga Koprol dengan kopsnya. Membangun sebuah komunitas memang tidak mudah, tetapi mereka yakin bahwa Rockto dengan konsep yang menarik dapat menarik minat para pengguna internet untuk menjadi bagian dari komunitasnya. Beberapa dari Community Development yang dilakukan oleh Rockto yang telah dilakukan adalah evet sponsorship, bergabung dengan berbagai komunitas internet enterpreneur, social media marketing, membuat drama, membuat thread di kasus, dan dari mulut ke mulut, dan teryata semua hal itu membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Strategi lain yang mereka gunakan adalah drama controversy, mereka membuat sebuah hal yang tidak biasa dan menarik perhatian orang lain, seperti yang pernah mereka lakukan ketika menempelkan stiker Rockto di kemeja yang mereka kenakan ketika menghadiri setiap event komunitas startup lokal untuk menarik minat audience terhadap produk mereka. Tetapi usaha mereka tidak sia - sia hingga akhirnya dapat meraih berbagai penghargaan iMulai (Indonesia Mulai) 3.0 sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Microsoft Indonesia dan USAID, dan juga menjadi 10 besar teratas finalis indonesia Echelon 2011. Tidak kalah hebat Rockto telah dikenali secara internasional oleh Penn Olson - Catalog Teknologi Asia dan juga terdaftar sebagai salah satu dari 32 Startup yang harus dilihat di Asia. Rockto juga telah mendapat penghargaan dari Bubu Awards v.07 2011 sebagai Digital Marketing Plan terbaik untuk Startup pada tahun 2011 bulan Juli silam.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Guna mengembangkan Rockto menjadi platform rekomendasi sosial yang besar maka developer harus membuat fitur - fitur menarik yang dapat menarik perhatian para penggunanya, berikut adalah fitur menarik yang ada di Rockto.com.

Rockpoint[sunting | sunting sumber]

Rockpoint adalah sebuah fitur dimana setiap member akan mendapat Rockpoint ketika informasi yang mereka post dalam rockto mendapat Rock dari member lainnya, Rock adalah tombol berbentuk metal yang ditekan oleh member lain ketika mereka menyukai informasi yang kita share. Rockpoint juga dapat diperoleh dari post kita yang dilihat oleh orang lain baik itu dari twitter, facebook, atau google.

Rockto Store[sunting | sunting sumber]

Rockto Store adalah tempat dimana para user yang telah mengumpulkan Rockpoint dalam jumlah tertentu dapat menukarkannya dengan sebuah hadiah yang menarik. Hadiah yang ada disini bisa bermacam - macam, bisa berentuk T-Shirt, Ipad, Ipod Touch, atau tiket konser.

Badges[sunting | sunting sumber]

Rokcto juga menyediakan badges bagi para usernya yang telah melakukan beberapa aktivitas tertetu dalam website ini, misalnya seperti memposting link yang pertama, memfollow member lain, atau bahkan menggunakan rockto saat hari spesial seperti Halloween atau Hari Batik. Tetapi tentu saja setiap badge memiliki cara dan ketentuan yang berbeda untuk mendapatkannya. Brands dan Event Organizer juga dapat membuat custom badges untuk member Rockto dengan cara mendaftarkan Social Campaign nya ke Rockto.

QR Code[sunting | sunting sumber]

QR Code merupakan fitur metode offline dar Rockto untuk membantu Social Campaign dari Brands yang berpartisipasi di dalamnya dalam bentuk QR Codes. Rockto akan menyebarkan sticker QR Codes ini ke berbagai tempat umum yang strategis dimana orang - orang dapat meng-scan-nya dan link yang terdapat dalam code tersebut akan membawa user untuk mendapatkan sebuah badge atau akan membawa kepada social campaign dari sebuah brand.

Rock Booster[sunting | sunting sumber]

Rockto menyediakan program bernama Rock Booster, yang merupakan enam cara baru bagi pengguna untuk menambah poin di layanan Rockto. Rock Boster dijalankan dengan sistem quest, dimana pengguna harus melakukan beberapa kegiatan untuk menambah poin. Program ini juga bersinggungan dengan program promosi dari Rockto sendiri. Paparazzi adalah salah satu contoh rock booster, disana user akan mendapat 1000 Rockpoint jika bisa menemukan stiker Rockto di tempat umum tertentu dan memfotonya dengan mensertakan usernamenya, kemudian diupload ke facebook,twitter, atau sosial media lain yang terintegrasi dengan Rockto, dan langkah adalah mempostnya di Rockto.

Rockto Mobile[sunting | sunting sumber]

Rockto telah meluncurkan fasilitas apps bagi para pengguna BlackBerry untuk mempermudah mengakses Rockto melalui telepon genggam yang dimiliki oleh pengguna. Dalam peluncuran yang bertepatan dengan ulang tahun Rockto mereka menyediakan fitur Rockto Mobile khusus pengguna BlackBerry dan layanan WAP mereka. Tampilan yang diberikan dalam versi WAP cukup lengkap dan dapat membantu user dalam mengakses Rockto lewat mobilenya. Ketika anda log in dengan username Rockto anda akan langsung melihat 2 pilihan menu utama yang menyediakan konten yang ada di Rockto.com, yaitu public, untuk melihat seluruh konten yang dibagikan oleh pengguna lain, serta ada juga menu feed yang berguna untuk melihat konten dari para followersnya. Fokus utama dari Rockto mobile ini tentunya adalah menyediakan akses konten bagi para pengguna guna memberikan konten yang diperlukan sebagai akses on the go,akses yang berfokus utama pada social bookmarking dari konten yang dibagikan oleh pengguna lain.

Rockto Share Button[sunting | sunting sumber]

Fsilitas lain yang disediakan oleh Rockto untuk memanjakan para penggunanya adalah fasilitas Rockto Share Button, ini adalah sebuah fasilitas yang akan memudahkan mereka yang telah memakai fasilitas Rockto yang juga memiliki blog atau situs pribadi dan berniat untuk membagi konten dari blog atau situsnya kepada layanan Rockto.com dengan sebuah Rockto Share Button. Tentu saja Rockto Share Button juga memudahkan mereka yang ingin menaruh RSB ini di dalam blog atau situsnya sehingga akses terhadap Rockto dan blog dapat terakomodasi dengan baik.

Rockto Social Campaign[sunting | sunting sumber]

Rockto memiliki fitur Rockto Social Campaign dimana mereka akan memasarkan sebuah brand, event, dan apapun yang membutuhkan publikasi. Melalui program ini Rockto berusaha meyakinkan pengguna bahwa mereka adalah social recommendation yang sangat efisien untuk melakukan publikasi kepada khalayak, dengan terintegrasinya Rockto dengan sosial media seperti Twitter dan Facebook, dimana setiap promosi yang dilakukan di Rockto akan langsung juga terupdate di social media yang terintegrasi olehnya, dan juga setiap post dari promosi tersebut mendapat Rock hit button maka post tersebut akan juga terupdate di sosial media yang lain. Mereka memiliki kekuatan dengan 21,471 member pengguna Rockto dan terus berkembang dengan 30 - 50 meber baru yang bergabung setiap harinya. Sebanyak 6,147 member terkoneksi dengan twitter dan facebook account masing - masing dan juga dengan total dari followers twitter yang mencapai 2,332,195 rekomendasi kepada folower mereka setiap kali post ataupun rock yang diterima dan dikirmkan terhadap social campaign ini. Rockto yakin bahwa semua itu akan menjadi efek domino yang dapat membuat brand tersebut terus menerus mendapat promosi yang tidak berhenti.

masih banyak lagi fitur menarik dari Rockto.com seperti Deals and Business Profile, Response, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

1.http://dailysocial.net/post/rockto-com-fitur-baru-program-promosi-dan-data-statistik

2.http://provoke-online.com/rockto-cara-ajib-bagi-bagi-rekomendasi

3.http://jelajahaneh.blogspot.com/2011/11/mengenal-rocktocom-situs-buatan-anak.html

4.http://www.trenologi.com/2013022511095/rockto-siapkan-tampilan-terbaru

5.http://netsains.net/2010/12/berbagi-informasi-ala-rockstar

6.http://dailysocial.net/post/rockto-com-whats-rock-today

7.http://dailysocial.net/post/versi-terbaru-dari-rockto-com

8.http://tekno.kompas.com/read/2011/04/06/17544556/Inilah.15.Pemenang.iMulai.3.0

9.http://dailysocial.net/post/sepuluh-startup-akan-melakukan-pitch-pada-acara-echelon-indonesia-sattelite-di-jakarta

10.http://inet.detik.com/read/2011/07/11/150023/1678856/398/rockto-rasa-baru-lebih-nge-rock

11.http://sidomi.com/72688/rockto-adalah-obat-anti-galau

12.http://rocktodraftswa.pen.io

13.http://www.techinasia.com/rockto-social-recommendation-site

14.http://dailysocial.net/post/rockto-com-fitur-baru-program-promosi-dan-data-statistik

15.http://www.rockto.com/business/social

16.https://archive.today/20130423005533/ihsan-magazine.blogspot.com/2011/03/share-button-dari-rocktocom-dan.html