Robin Collins

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Robin Alan Collins
Erafilsuf abad ke-20
KawasanFilsafat Barat
AliranAnalytic
Minat utama
Philosophy of Science, Philosophy of Religion
Dipengaruhi

Robin Collins adalah seorang filsuf yang berasal dari Amerika Serikat. Ia menjabat sebagai Distinguished Professor of Philosophy dan ketua Departemen Filsafat pada Messiah College di Grantham, Pennsylvania. Fokus utamanya adalah masalha filsafat yang berkaitan dengan hubungan antara agama dan sain serta teologi filsafat.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Collins memperoleh gelar sarjana dari Washington State University pada tahun 1984 dengan tiga major Matematika, Fisika, dan Filsafat, lulus dengan predikat summa cum laude. Collins menempuh dua tahun program Ph.D. dalam bidang fisika pada University of Texas at Austin sebelum pindah ke University of Notre Dame di mana ia meraih gelar Ph.D. dalam bidang filsafat pada tahun 1993. Alvin Plantinga mengarahkan disertasinya, bersama Bas van Fraassen (saat itu di Princeton) dan Arthur Fine (saat itu di Northwestern University) sebagai penasihat luarnya. Disertasinya berjudul "Epistemological Issues in the Scientific Realism/Antirealism Debate: An Analysis and a Proposal." Pembelaan disertasi ini lulus dengan penghargaan paling tinggi dan ia menerima hadiah "Graduate Student Award in the Humanities" untuk "outstanding research, teaching, and publication."[1]

Setelah menyelesaikan disertasi, ia menjadi post-doctoral fellow pada Northwestern University dalam Program Sejarah dan Filsafat sebelum bergabung dengan Messiah College.

Buku dan artikel[sunting | sunting sumber]

Collins menulis sebuah buku mengenai anthropic principle, dengan judul The Well-Tempered Universe: God, Cosmic Fine-tuning, and the Laws of Nature. Ia juga menulis banyak artikel dan bab buku mengenai pengaturan halus kosmos sebagai bukti adanya perancangan, mekanika kuantum, filsafat dan agama Asia, doktrin Penebusan Kristen, evolusi dan dosa asal, doa permohonan, hubungan antara pikiran dan jasmani, dan metafisika dunia alamiah.[1]

Collins juga melakukan sejumlah wawancara. Di antaranya oleh Robert Kuhn untuk seri PBS "Closer to Truth" dan oleh Lee Strobel, seorang jurnalis dan apologet Kristen, untuk buku The Case for a Creator. Seri wawancara PBS dapat dilihat pada [1] Diarsipkan 2014-04-29 di Wayback Machine.. Buku tulisan Lee Strobel, terbit tahun 2004, menampilkan sejumlah wawancara dengan pendukung ID, yang membahas asal mula semesta dan perkembangan kehidupan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Robin Collins' Curriculum Vitea. Accessed Mar. 16, 2013

Pranala luar[sunting | sunting sumber]