Robertson Kirtland Mygatt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Robertson Kirtland Mygatt
Lahir(1861-10-12)12 Oktober 1861
New York, New York
Meninggal19 Desember 1919(1919-12-19) (umur 58)
New York, New York
KebangsaanAmerika
PendidikanArt Students League, New York; Europe
Dikenal atasLukisan, Etsa
Gerakan politikTonalisme

Robertson K. Mygatt atau 'R.K.', (1861–1919) adalah seorang pelukis lanskap dan pengetsa Amerika yang bekerja pada pergantian abad ke-20. Dia sering dikaitkan dengan gerakan Tonalis yang sedang bereksperimen dalam melukis selama sebagian besar tahun-tahun aktifnya, muncul sebagai gerakan pada tahun 1880-an yang berlanjut hingga sekitar tahun 1915. RK Mygatt lahir di New York City pada tahun 1861, tempat dia belajar di Liga Mahasiswa Seni New York dengan seniman lanskap terkenal John Henry Twachtman dan pelukis impresionis Amerika William Merritt Chase. Ia juga belajar melukis di Eropa.

Makam Robertson Mygatt

Mygatt mengkhususkan diri dalam lukisan pemandangan dan banyak dari karyanya dapat dikategorikan sebagai impresionisme yang termasuk dalam gaya 'Tonalis'. Tonalisme muncul pada tahun 1880-an, dan dia jelas terpengaruh oleh tren tersebut. Mygatt juga seorang etsa yang kompeten, tetapi fokusnya sepanjang karirnya adalah lukisan cat minyak. Dia berpameran di Pennsylvania Academy of Fine Arts, The Art Institute of Chicago, National Academy of Design, Society of American Artists dan Salmagundi Club di kota New York. Salah satu karyanya dimasukkan dalam Pameran Pembelian Louisiana di St. Louis pada tahun 1904, di mana ia dianugerahi medali perak.

Selama hampir lima puluh tahun setelah kematiannya, ahli warisnya tidak mengedarkan karyanya sama sekali. Baru pada pertengahan 1960-an banyak dari mereka menjadi tersedia untuk dijual untuk pertama kalinya setelah keturunan langsung terakhirnya meninggal. Sebagai sejarawan seni, dunia galeri dan publik menjadi lebih akrab dengan karya Robertson Kirtland Mygatt, ia semakin populer.

Mygatt tinggal di Ridgefield, Connecticut, sebelum meninggal pada tahun 1919 pada usia 58 tahun di New York City. Dia dimakamkan di Sleepy Hollow Cemetery di Westchester County, New York.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • The Poetic Impulse: Robertson Kirtland Mygatt, an exhibition pamphlet published by the Schwartz Gallery, Philadelphia, PA. [1] Diarsipkan 2012-02-19 di Wayback Machine.
  • Ask Art, The Artist Bluebook at Askart.com: "Robertson Kirtland Mygatt" [2]
  • New York Times, Art: "Celebrating a Little-Known Artist", published 6/30/91 [3]