Robert Vonnoh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bessie dan Robert Vonnoh, 1930

Robert William Vonnoh (17 September 1858 – 28 Desember 1933) adalah seorang pelukis Impresionis Amerika yang dikenal karena potret dan lanskapnya. Dia bepergian secara ekstensif antara Pantai Timur Amerika dan Prancis, lebih khusus lagi koloni seniman Grez-sur-Loing.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Robert William Vonnoh lahir pada 17 September 1858 di Hartford, Connecticut. Ia belajar di Boston di Massachusetts Normal Art School sekarang disebut Massachusetts College of Art and Design,[1] kemudian di Paris di Académie Julian di bawah Gustave Boulanger dan Jules Joseph Lefebvre.

Dia mengajar di Massachusetts Normal Art School (1879-1881),[2] di Cowles Art School di Boston (1884–1885), di School of the Museum of Fine Arts, Boston (1883–1887), dan di Pennsylvania Academy of Seni Rupa (1891–1896). Vonnoh menjadi anggota Akademi Desain Nasional pada tahun 1906.

In Flanders Field (Coquelicots) by Robert Vonnoh, 1890

Karyanya yang paling terkenal In Flanders Field (juga dikenal sebagai Where Soldiers Sleep and Poppies Grow atau Coquelicots) dilukis pada tahun 1890 di ladang Grez-sur-Loing. Minyak besar di atas kanvas, 59 x 104 inci, menggunakan sapuan kuas yang aktif dan ekspresif untuk membangkitkan warna merah kadmium dari bunga poppy, sebuah topik yang populer pada waktu itu di antara banyak pelukis. Seorang wanita muda berjongkok di latar depan, duduk untuk memetik bunga poppy di lapangan luas dengan dua sosok di latar belakang. Meskipun ini dianggap sebagai karya Vonnoh yang paling ambisius, mendapat pujian besar di pameran dan pameran, lukisan itu tidak pernah terjual. Baru pada tahun 1919 ketika dibeli langsung oleh Joseph G. Butler, pendiri The Butler Institute of American Art, "Di Flanders Field" akan menemukan rumah permanen. Lukisan itu merupakan bagian dari koleksi permanen hingga hari ini di Youngstown, Ohio.

Apple bloom karya Robert Vonnoh, 1903

Sebuah pameran retrospektif karya-karyanya ditampilkan di Galeri Madron di Chicago dan The Butler Institute, masing-masing dari 1 Maret hingga 9 April 2010 dan 2 Mei hingga 27 Juni 2010. Pertunjukan tersebut mencakup foto-foto koloni seniman di Grez-sur-Loing beserta gambar-gambar seniman yang menyertainya serta relief perunggu yang dibuat oleh istrinya, pematung, Bessie Potter Vonnoh (1872-1955). Acara ini dikuratori oleh Yen Azzaro dan katalognya ditulis oleh Wendy Greenhouse, PhD. Lukisannya termasuk koleksi di The Metropolitan Museum of Art, Pennsylvania Academy of the Fine Arts, Indianapolis Museum of Art, The Art Institute of Chicago di antara banyak lainnya. Sementara Vonnoh tidak pernah menjadi nama rumah tangga, ia dikutip untuk gaya eksperimentalnya dalam dunia Impresionisme Amerika.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Vonnoh meninggal pada 28 Desember 1933 di Nice dan dimakamkan bersama istrinya di Duck River Cemetery di Lyme Lama, Connecticut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Student Academic Records, Archives of Massachusetts College of Art and Design
  2. ^ "Members of the School Faculty, 1873-1938," Fiftieth Anniversary Record, 1888-1938 (Boston: Massachusetts School of Art Alumni Association, 1938). p. 104

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]