Robert Del Naja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Robert Del Naja di Barcelona

Robert Del Naja adalah seorang seniman, aktivis, dan penulis lagu yang berasal dari Inggris. Dia lahir pada 21 Januari 1965 di di Bristol.[1]Dia dikenal sebagai penggagas terbentuknya Massive Attack, sebuah grup musik.

Sebelum menjadi seorang pentolan band, dia merupakan artis grafiti dan pionir dari pergerakan grafiti stensil. Hasil karyanya dapat ditemukan di beberapa album milik Massive Attack.

Seniman grafiti terkenal asal Inggris, Banksy mengungkapkan bahwa karyanya dipengaruhi oleh Robert.

Namun, Robert sering dirumorkan sebagai tokoh di balik seniman misterius Banksy. Isu ini berawal dari spekulasi yang muncul pada 2013 ketika Robert memamerkan karya-karyanya selama 20 tahun. Pameran ini merupakan pameran tunggalnya yang kedua. Dia tak sengaja menyatakan bagaimana karya Banksy muncul di tempat yang sama dengan pertunjukan Massive Attack baru saja.

Seorang jurnalis bernama Craig Williams mengadakan investigasi pada 2016. Dia menyimpulkan bahwa Robert adalah pemimpin di balik sekelompok artis di bawah naungan julukan Banksy.

Pada April 2003, karya Banksy dilaporkan hadir di Melbourne, tempat yang sama Massive Attack menggelar pertunjukan satu bulan sebelumnya. Tidak hanya itu, pada 1 Mei 2010, enam mural karya Banksy hadir di San Franscisco. Grup musik Massive Attack menggelar dua acara di kota itu beberapa minggu sebelumnya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]