Riza Umami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Riza Umami
Riza Umami
Latar belakang
Lahir 15 Agustus 1956 (umur 61)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Jenis musik Dangdut
Pekerjaan Penyanyi, Penyanyi Playback
Tahun aktif 1970 - sekarang
Pasangan Zubair
Agama Islam

Riza Umami lahir di Jakarta, Indonesia, 15 Agustus 1956; umur 61 tahun adalah seorang penyanyi dangdut Legendaris Indonesia era 1970-1990 yang kerap menjadi penyanyi playback dan berduet dengan raja dangdut indonesia Rhoma Irama. Sejumlah penyanyi dangdut senior seperti Meggy Z pernah berduet dan berkolaborasi dengannya. Lagunya yang populer dan jadi legenda adalah Antara Teman dan Kasih, Jera serta Aduhai. Ia juga banyak menyanyikan lagu-lagu saduran dari film India. Selain itu ia juga pernah mengisi theme song sebuah sinetron yang diangkat dari sandiwara radio yang ditayangkan di TPI pada pertengan tahun 90an yaitu Mahkota Mayangkara dan Kaca Benggala. Walaupun begitu terkenalnya Ia dan lagu lagunya, namun sosoknya tidak banyak diketahui penikmat musik khususnya dangdut.

Karier[sunting | sunting sumber]

Riza Umami mulai terlibat bersama SONETA saat mengisi vocal untuk album Soundtrack Film Pegorbanan tahun 1983. Saat itu Rita Sugiarto, pasangan duet Rhoma Irama memutuskan untuk bersolo karier bersama Jacky Zimah, suaminya, dan membentuk Jackta Group. Rhoma Irama terkenal sebagai musisi yang tidak sembarangan dalam memilih pasangan duet. Pemilihan Riza Umami tentulah bukan sekadar karena kedekatan pertemanan biasa (suami Riza Umami, Zubair, adalah sahabat dekat Rhoma Irama dan personil Soneta lainnya). Kualitas vocal tentulah menjadi alasan utama mengapa Rhoma Irama memilih Riza Umami.

Pilihan Rhoma Irama memang tepat, lagu “Antara Teman dan Kekasih” yang dilantunkan Riza Umami dalam album soundtrack film Sebuah Pengorbanan tersebut berhasil menyita perhatian pendengar dan penggemar lagu dangdut tanah air, bahkan hingga saat ini. (Terakhir lagu ini telah direkam dan diaransemen ulang oleh Ricky Asmara Sonet 2 Band dan dinyanyikan oleh Ridho Rhoma)

Sukses album soundtrack film Sebuah Pengorbanan dilanjutkan pada album-album soundtrack berikutnya seperti “ Cinta Kembar, Menggapai Matahari II, Tabir Biru dan Nada-nada Rindu”.

Saat ini Riza Umami sudah undur diri dari dunia tarik suara. Hari-harinya disibukkan dengan kegiatan dibidang agama dan sosial.

Berikut penuturan Riza Umami ketika ditanyakan tentang keterlibatannya dengan SONETA :

“ Saya sudah tua, makanya sudah jarang tampil lagi sebagai penyanyi. Saat ini saya lebih memfokuskan diri beribadah dan menikmati hidup bersama anak-cucu. Bersama mereka saya mendapatkan kegembiraan yang lebih dari cukup. Dunia keartisan saat ini bagi saya adalah sebuah nostalgia. Saya bergembira masih ada yang mendengarkan lagu-lagu saya, artinya perjuangan saya di dunia tarik suara tidak sia-sia. Awalnya saya bisa terlibat dalam album-album Rhoma Irama dan SONETA karena Pak Haji sendiri yang meminta. Mungkin ia melihat karakter vocal saya cocok untuk lagu-lagu yang diciptakannya. Meskipun saya sudah sering rekaman album dangdut sebelumnya, berduet dengan Pak Haji tetap saja membawa kecanggungan tersendiri meskipun Pak Haji bukan orang baru bagi saya. Suami saya teman dekat Pak Haji sejak tahun 70-an. Awal take vocal tetap saja saya harus banyak mendapat arahan dari Pak Haji. Lagu pertama duet saya adalah “Antara Teman dan Kekasih” untuk sound track film Pengorbanan. Sampai saat ini lagu “Antara Teman dan Kekasih” dan lagu “ Jera ” untuk sound track film Nada-nada Rindu merupakan lagu favorit saya. Dan lagu-lagu inilah yang kerap diminta penonton ketika saya tampil dipanggung..."

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Tidak ada banyak yang tahu tentang kehidupan pribadinya. sosoknya pertama kali muncul setelah diundang stasiun televisi Indosiar sebagai bintang tamu dalam acara D' Academy Jumat (7/3/2014). Dirinya mengaku kesehariannya hanya dihabiskan dirumah saja mengurus suaminya yang menderita stroke dan banyak menghadiri acara pengajian. Ketika ditanya apakah ingin berkarya lagi, ia menjawab bahwa dirinya sudah mengundurkan diri dari dunia tarik suara.

Diskografi[sunting | sunting sumber]