Ring hasduk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ring hasduk atau ring kacu merupakan benda yang berbentuk cincin dan digunakan untuk menjaga kacu yang digunakan tetap menyatu dengan rapi. Benda ini sangat penting dalam set pakaian lengkap kegiatan Pramuka karena fungsinya yang menjaga agar penampilan seorang anggota Pramuka terlihat rapi. Benda ini terletak di bagian leher dan menghadap ke depan.

Jenis Ring Hasduk[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya, yang kita jumpai adalah ring hasduk dengan bahan dasar logam, lambang tunas kelapa, dan warna dasar yang sesuai dengan usia didik anggota Pramuka. Warna yang dimaksud adalah warna hijau (untuk siaga), merah (untuk penggalang), kuning (untuk penegak), dan cokelat (untuk pandega). Namun, selain jenis ring kacu tersebut, ada jenis ring kacu lain yaitu ring kacu yang berbentuk cincin dan terbuat dari rotan. Selain yang menggunakan simpul cincin tersebut, terdapat juga ring kacu yang bergambar tokoh kartun, binatang, lambang WOSM, lambang-lambang yang memiliki kaitan erat dengan Pramuka, bahkan ada yang menyuarakan slogan "Scout Messanger of Peace". Keberadaan desain yang beragam pada ring kacu, dibarengi pula dengan beragamnya bahan dasar ring tersebut. Bahan dasar yang dimaksud adalah bahan dasar di luar logam dan rotan, seperti kulit sintetis, karet, bahkan kabel.

Penggunaan Ring yang Benar[sunting | sunting sumber]

Acuan dalam menggunakan ring yang benar untuk dipakai saat memakai pakaian Pramuka adalah Keputusan Kwartir Nasional Nomor 174 tahun 2012. Dalam peraturan tersebut tidak dijelaskan syarat ring yang dipakai. Bagaimana bentuk, bahan, ukuran, dan warna ring kacu yang seharusnya dipakai ? SK Kwarnas Nomor 174 tahun 2012 tersebut tidak merincinya. Hal yang sama juga terjadi di peraturan kepramukaan lainnya, yaitu dengan tidak adanya penjelasan jenis ring apa yang benar untuk dipakai. Hal ini berarti bahwa, setiap anggota Gerakan Pramuka memiliki kebebasan untuk menentukan dan mengenakan model ring kacu yang disukai. Baik itu dia membuat sendiri ataupun menggunakan yang sudah di jual secara umum. Dengan mengenakan ring kacu buatan sendiri justru akan menunjukkan kreativitas seorang Pramuka. Ring yang dibuat tersebut dapat menggunakan bahan apa saja yang ada disekitar. Hal ini mendukung cita-cita gerakan Pramuka global untuk terus meningkatkan inovasi dan kreativitas anggota pramuka demi dunia yang lebih baik atau biasa digalang dengan slogan "Create a Better World". Masing-masing anggota pramuka boleh mengenakan ring kacu dari bahan apapun, dengan bentuk dan model yang bagaimanapun, dan warna apapun. Meskipun bebas mengenakan ring kacu dengan bahan, bentuk, bahan, dan warna apapun, seorang pramuka tetap dibatasi oleh norma agama, norma negara, dan adat istiadat masyarakat setempat. Sehingga ring yang digunakan jangan sampai menyinggung, merendahkan atau bahkan melecehkan kacu yang dipakai yang merupakan cerminan bendera negara.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

https://www.pramukaria.id/2016/01/ring-cincin-kacu-leher-yang-benar.html

https://www.worldscoutshops.com/search/woggle