Rimi Natsukawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rimi Natsukawa
(夏川りみ)
Informasi latar belakang
Nama lahirRimi Kaneku (兼久りみ)
Nama lainMisato Hoshi (星美里), Rimi Tamaki (玉木りみ) (married name)
Lahir09 Oktober 1973 (umur 50)
AsalJepang Ishigaki, Okinawa
GenreJ-pop, lagu daerah, musik Okinawa, Enka
PekerjaanPenyanyi
Tahun aktif1989-1992, 1999-
LabelPony Canyon (1989-1992)
Victor Entertainment (1999-)
Artis terkaitAndrea Bocelli, Begin, The Gospellers, Shoukichi Kina, Kiroro, Kobukuro, Misako Koja, Parsha Club, Noriyuki Makihara, Kazufumi Miyazawa, Ryoko Moriyama, Yasukatsu Ōjima, Shinji Tanimura, Chuei Yoshikawa
Situs webSitus resmi

Rimi Natsukawa (夏川 りみ, Natsukawa Rimi) (lahir 9 Oktober 1973) adalah penyanyi asal Okinawa, Jepang. Ia terkenal akan singel berjudul "Nada Sōsō" yang dibawakannya pada tahun 2001.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Natsukawa lahir di Ishigaki, kota terbesar di kepulauan Yaeyama. Sejak kecil ia suka menyanyi, dan bercita-cita menjadi penyanyi setelah mendengar ayahnya menyanyikan lagu-lagu daerah Yaeyama, seperti "Tsuki nu Kaisha" (月ぬ美しゃ, Kecantikan Rembulan) dan "Densaa Bushi" (デンサー節, Lagu Tradisi).[1][2] Sejak berumur 7 tahun, setiap hari ia berlatih selama dua jam, dan ayahnya membimbingnya untuk menjadi seorang penyanyi enka. Saat berumur 9 tahun, ia memenangkan kontes menyanyi lokal (Chibikko Nodo Jiman Daikai (ちびっこのど自慢大会, Lomba Tarik Suara Anak-Anak Kita)). Natsukawa kembali memenangkan kompetisi, dan pada tahun 1984 memperoleh hadiah utama dalam acara TV MBS Shirōto Meiji-kai (素人名人会, Pertandingan Master Amatir). Pada tahun 1986, ia memperoleh hadiah utama Nagasaki Kayōsai (長崎歌謡祭, Festival Lagu Nagasaki) (peserta termuda yang memenangkan kontes tersebut pada masa itu).[1]

Debut Pony Canyon[sunting | sunting sumber]

Secara kebetulan, Natsukawa dicari tak lama setelah memenangkan kompetisi pada umur 13 tahun.[1] Ia pindah ke Tokyo, dan mulai mempersiapkan debutnya. Ia memulai debut pada tahun 1989 sebagai penyanyi enka dengan nama "Misato Hoshi," di bawah naungan perusahaan musik Pony Canyon. Ia merilis tiga singel dalam tiga tahun, dan tidak terlalu sukses.

Natsukawa merasa gagal setelah itu, dan setelah tinggal selama empat tahun di Tokyo, ia kembali ke Okinawa. Ia tinggal bersama kakak perempuannya di Naha,[2] membantunya mengurus rumah makan, dan menyanyi untuk para pelanggan setiap hari.[1] Karena pelanggan akan menempuh perjalanan cukup jauh untuk mendengar dia bernyanyi, berangsur-angsur timbul keinginannya untuk kembali menjadi seorang penyanyi.

Pada tahun 1998, ia muncul dalam acara radio Okinawa berjudul Iwa-chan no Vitamin Radio (岩ちゃんのビタミンラジオ, Radio Vitamin Rocky) sebagai asisten.

Debut kembali[sunting | sunting sumber]

Pengarah musik Natsukawa dari perusahaan Pony Canyon memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan produksi musik untuknya, dan pada tahun 1999 bertanya apakah ia bisa kembali ke ibu kota. Dia segera membubuhi tanda tangan di bawah nama Victor Entertainment, dan melakukan debut kembali dengan singel "Yūbae ni Yurete" (夕映え に ゆれ て, Berayun di Matahari Terbenam). Dia meraih hasil seperti debut pertamanya, karena tak satu pun singelnya yang masuk dalam tangga lagu. Sambil menonton siaran berita dari Pertemuan G8 ke-26 yang diadakan di Okinawa, Natsukawa memperhatikan grup musik daerah Okinawa, Begin, melantunkan sebuah lagu yang berjudul "Nada Sōsō." Dia merasa lagu tersebut selalu terngiang-ngiang dalam telinganya, dan meminta agar dia boleh menyanyikan kembali lagu tersebut.[3] Lagu tersebut dirilis sebagai singel ketiga pada Maret tahun 2001.

Perlahan-lahan, lagu tersebut menjadi populer. Lagu tersebut menjadi hit di radio-radio Okinawa, dan pada bulan Mei tahun 2002 (setahun lebih setelah dirilis) lagu tersebut memasuki tangga lagu 100 singel teratas Oricon. Natsukawa merilis album mini lagu daur ulang Okinawa, Minamikaze, pada bulan Mei, menyatukan momentum tersebut. Pada bulan Juni, lagu tersebut menembus peringkat 50 teratas, dan pada bulan Juli mencapai peringkat 20 teratas.[4] Album debutnya Tida: Tida Kaji nu Umui dirilis pada bulan September. Natsukawa diminta untuk menyanyikan lagu tersebut pada Kōhaku Uta Gassen (Kompetisi Lagu Tahun Baru) tahun 2002, yang membuat lagu tersebut mencapai peringkat 10 teratas.

Tak satu pun dari ketiga rilis tersebut mencapai peringkat sangat tinggi, tetapi mereka semua mencapai peringkat dengan sangat bertahap. Pada saat Tida: Tida Kaji nu Umui dan Minamikaze berhenti menduduki peringkat (sekitar dua tahun kemudian), masing-masing telah terjual sebanyak 280.000/371.000 eksemplar. "Nada Soso" berhenti menduduki peringkat setelah enam tahun setelah dirilis, dan terjual lebih dari 680.000 eksemplar.[4]

Natsukawa juga merilis serangkaian lagu Okinawan sampai 2004. Salah satu di antaranya, "Warabigami (Yamatoguchi)" (童神~ヤマトグチ~, Dewa Kecil (Bahasa Jepang standar)) (daur ulang Misako Koja), dinominasikan pada Japan Record Award. Lagu itu merupakan hit besar Natsukawa setelah "Nada Sōsō", yang mencapai peringkat 20 teratas.[4]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Natsukawa menikahi pemain perkusi Masaaki Tamaki (玉木正昭) pada tanggal 1 Januari 2009.[5] Anak pertama mereka, berjenis kelamin laki-laki, lahir pada tanggal 20 Agustus 2010.[6]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d ""歌手 夏川 りみさん"". Wendy. 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-06-15. Diakses tanggal 2010-02-02. 
  2. ^ a b ""あっと九州/夏川 りみインタビュー"". Atkyushu. 2005-07. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-05. Diakses tanggal 2010-02-02. 
  3. ^ "夏川り み - インタビュー bounce.com". Diarsipkan dari www.bounce.com/interview/article.php/427 versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2017-02-20. Diakses tanggal 2010/01/27. 
  4. ^ a b c "オリコンランキング情報サービス「you大樹」". Oricon. Diakses tanggal 2010-02-02.  (subscription only)
  5. ^ 歌手の夏川りみさん、元日に結婚…パーカッション演奏家と (Singer Natsukawa Rimi will marry on New Year's... to percussionist). Yomiuri Shimbun. 28 December 2008. Accessed 30 December 2008.
  6. ^ "Birth Announcement" (dalam bahasa Japanese). Official website. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-22. Diakses tanggal 2010-08-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]