Richard Wright (pemusik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Richard Wright
Rickwright.jpg
Wright beraksi untuk konser David Gilmour, 2006
Latar belakang
Nama lahir Richard William Wright
Nama lain Rick Wright
Meninggal 15 September 2008 (umur 65)
Genre Progressive rock
Psychedelic rock
Ambient
Pekerjaan Pemusik
Instrumen kibor, organ, piano, synthesizer, gitar akustik, vokal
Tahun aktif 1964-2008
Label Capitol
Columbia
EMI
Harvest
Artis terkait Pink Floyd (1965-1981; 1987-sekarang)
Zee (1983-1985)
David Gilmour (2002-sekarang)
The Screaming Abdabs (Sigma 6) (1964-1965)
Instrumen khusus
Hammond C3
Farfisa Organ
VCS 3
Rhodes piano
Minimoog

Richard William "Rick" Wright (lahir di Hatch End, London, Inggris, 28 Juli 1943 – meninggal 15 September 2008 pada umur 65 tahun) adalah pianis dan pemain kibor otodidak yang dikenal sebagai anggota Pink Floyd. Walaupun bukan seorang penulis lagu yang handal seperti Roger Waters dan David Gilmour, suara permainan kibor Wright merupakan unsur tidak terpisahkan dan menjadi ciri khas musik Pink Floyd. Wright juga sering bertindak sebagai vokalis latar, dan kadang-kadang berperan sebagai vokalis utama di atas panggung Pink Floyd atau di studio (seperti pada lagu "Time" dan "Echoes").

Biografi[sunting | sunting sumber]

Karier bersama Pink Floyd[sunting | sunting sumber]

Wright bersekolah di Haberdashers' Aske's School di Hertfordshire. Setelah tamat, diteruskannya ke jurusan arsitektur Regent Street Polytechnic, tempat Wright bertemu Roger Waters dan Nick Mason. Wright ikut sebagai pendiri Pink Floyd pada tahun 1965, dan sebelumnya ikut dengan Sigma 6 dan The (Screaming) Abdabs yang merupakan cikal bakal Pink Floyd. Di masa awal Pink Floyd (1967-1968), Wright menulis dan menyanyikan sendiri beberapa lagu Pink Floyd. Sejalan dengan perkembangan musik Pink Floyd, Wright jadi kurang berminat menulis lagu. Ia lebih memusatkan diri pada gaya permainan yang khas dan penulisan komposisi instrumental seperti "Interstellar Overdrive", "A Saucerful of Secrets", "Careful with That Axe, Eugene", "One Of These Days", hingga soundtrack film ("More", "Zabriskie Point" dan "Obscured by Clouds"). Permainan kibor Wright menjadi ciri khas bagi lagu-lagu Pink Floyd seperti "Atom Heart Mother", "Echoes", dan "Shine On You Crazy Diamond". Komposisi musik ciptaan Wright yang paling komersial adalah "The Great Gig in the Sky" dan "Us and Them" dari album The Dark Side of the Moon (1973).

Album solo pertama Wright diberi judul Wet Dream, dan dirilis bulan September 1978. Lagu-lagunya diambil dari materi yang dianggap tidak cocok untuk album Pink Floyd Animals. Akibat masalah pribadi dan hubungannya dengan Roger Waters yang semakin buruk sewaktu rekaman The Wall, Wright mengundurkan dari Pink Floyd namun tetap digaji sebagai musisi honorer. Wright juga masih bermain untuk tur keliling Pink Floyd The Wall di sepanjang tahun 1980 dan 1981. Konser berakhir dengan kerugian besar akibat biaya tinggi yang dihabiskan untuk konser-konser spektakuler "The Wall". Ironisnya, Wright tidak merugi karena digaji sebagai pemusik honorer, sedangkan ketiga rekannya sebagai "anggota tetap" Pink Floyd harus menanggung kerugian dari kantong sendiri. Tanpa Richard Wright, Pink Floyd merilis album The Final Cut tahun 1983.

Selama tahun 1984, Wright sibuk dengan grup baru bernama Zee yang dibentuknya bersama Dave Harris (dari grup Fashion). Zee dikontrak Atlantic Records dan merilis album pertama yang diberi judul Identity. Album ini ternyata tidak laku, dan Wright mengundurkan diri pada tahun 1986. Wright kembali bergabung dengan Pink Floyd yang sudah tanpa Roger Waters. Berdasarkan pasal-pasal dalam kontrak sebagai musisi honorer sewaktu mendukung tur keliling dunia The Wall, foto Wright tidak dipajang pada sampul album A Momentary Lapse of Reason (1987). Nama Wright hanya ditulis memakai huruf kecil dibandingkan nama Mason dan Gilmour.

Sebelum pertunjukan keliling dunia Momentary Lapse dimulai, status Wright sebagai anggota penuh Pink Floyd dikembalikan. Status Wright sebagai anggota penuh Pink Floyd secara resmi ditulis kembali pada sampul album The Delicate Sound of Thunder (1988). Pada tahun 1994, Wright ikut menulis lima buah lagu untuk album The Division Bell, sekaligus sebagai vokalis utama (untuk lagu "Wearing the Inside Out"). Pertunjukan album The Division Bell dikemas sebagai album konser 2 CD dan video P*U*L*S*E (1995)

Karier solo[sunting | sunting sumber]

Kesuksesan album The Division Bell menjadi inspirasi bagi Wright untuk merilis album solo kedua, Broken China. Album ini didukung Sinéad O'Connor (vokal), Pino Palladino (bass), Manu Katché (drum), Dominic Miller (dikenal sebagai gitaris untuk Sting), dan Tim Renwick yang sering membantu Pink Floyd sebagai gitaris. Album Broken China lebih sukses daripada album perdana Wet Dream. Wright menulis album ini bersama Anthony Moore yang juga membantunya dalam teknik rekaman dan produksi dengan komputer.

Pada 2 Juli 2005, Roger Waters kembali bergabung bersama Wright, Gilmour, dan Mason dalam konser Live 8 sebagai Pink Floyd. Penampilan mereka berempat merupakan penampilan pertama Pink Floyd dengan Roger Waters sejak konser The Wall. Ketika diundang untuk menghadiri acara pengabadian Pink Floyd ke dalam museum UK Music Hall of Fame, Wright tidak dapat hadir karena sedang menjalani operasi katarak dan hanya Gilmour dan Nick Mason yang hadir. Roger Waters sedang berada di Roma untuk menyiapkan pembukaan opera Ça Ira dan tampil lewat telekonferensi.

Wright bermain kibor dan mengisi vokal latar untuk album solo David Gilmour On An Island. Selain itu, ia juga turut serta dalam pertunjukan Gilmour di Eropa dan Amerika Utara tahun 2006. Pada konser David Gilmour, Wright memainkan piano, piano elektrik, dan synthesizer, termasuk Kurzweil K2600, organ Hammond, serta organ Farfisa yang sudah lama tidak dipakainya. Organ Farfisa khusus dihidupkan kembali untuk memainkan lagu "Echoes", sejumlah lagu lama Pink Floyd, serta lagu Pink Floyd era Syd Barrett. Wright juga mengisi vokal latar dan bernyanyi dalam beberapa kesempatan, misalnya vokal untuk lagu "Echoes", "Time", "Comfortably Numb", "Wearing the Inside Out," dan "Arnold Layne".

Pada 4 Juli 2006, Wright bersama Gilmour dan Mason menghadiri pemutaran perdana DVD P*U*L*S*E. Soal Live 8 ikut jadi bahan perbincangan sewaktu wawancara. Ketika ditanya kemungkinan mereka tampil kembali bersama Roger Waters, Wright menjawab bahwa ia tidak keberatan pentas lagi di mana saja.

Wright adalah anggota Pink Floyd yang paling tidak suka menarik perhatian dibandingkan rekan-rekannya yang juga dikenal tidak suka mencari perhatian publik. Berbeda dengan Mason, Gilmour, atau Waters yang sudah menjadi figur publik, Wright jarang sekali berbicara di muka umum.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Wright menikah tiga kali, istrinya yang sekarang bernama Millie, dan dinikahinya tahun 1996. Dari Millie, Wright dikaruniai anak bernama Ben yang sekarang tinggal di Atlanta, Georgia. Pernikahan pertama Wright pada tahun 1964 adalah dengan Juliette Gale. Mereka bercerai tahun 1982 setelah lahir dua orang anak. Wright menikah lagi dengan Franka pada tahun 1984, tapi bercerai tahun 1994.

Wright, 65 tahun, meninggal dunia karena kanker di rumah kediamannya di Inggris, 15 September 2008.[1]

Daftar album[sunting | sunting sumber]

Album solo[sunting | sunting sumber]

Bersama Zee[sunting | sunting sumber]

Bersama David Gilmour[sunting | sunting sumber]

Bersama Syd Barrett[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Floyd founder Wright dies at 65". BBC News Website (BBC). 15 September 2008. Diakses 15 September 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Pink Floyd

Anggota: David Gilmour Richard Wright Nick Mason

Mantan anggota: Syd Barrett Bob Klose Roger Waters

Diskografi
Album studio The Piper at the Gates of Dawn (1967) • A Saucerful of Secrets (1968) • Ummagumma (1969) • Atom Heart Mother (1970) • Meddle (1971) • The Dark Side of the Moon (1973) • Wish You Were Here (1975) • Animals (1977) • The Wall (1979) • The Final Cut (1983) • A Momentary Lapse of Reason (1987) • The Division Bell (1994)
Soundtrack Tonite Let's All Make Love in London (1968) • More (1969) • Zabriskie Point (1970) • Obscured by Clouds (1972)
Album konser Ummagumma (1969) • Delicate Sound of Thunder (1988) • P*U*L*S*E (1995) • Is There Anybody Out There? The Wall Live 1980-81 (2000)
Kompilasi Relics (1971) • A Nice Pair (1973) • Masters of Rock (1974) • A Collection of Great Dance Songs (1981) • Works (1983) • Shine On (The Early Singles) (1992) • 1967 Singles Sampler (1997) • Echoes (2001)
Film
Live at Pompeii The Wall Delicate Sound of Thunder La Carrera Panamericana London '66-'67 The Making of The Dark Side of the Moon P*U*L*S*E The Pink Floyd and Syd Barrett Story
Artikel yang berhubungan
Alan Parsons Storm Thorgerson/Hipgnosis Steve O'Rourke Contributors Live performances Household Objects Trivia A Tree Full of Secrets Pigs Publius Enigma Dark Side of the Rainbow The Man and the Journey List of ROIOs