Richard B. Brandt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lukisan oleh Howard Chandler Christy, gambaran dari Konvensi Philadelphia yang menyebabkan penandatanganan Konstitusi Amerika Serikat, dokumen penting dalam filsafat politik dan hukum Amerika.

Richard Brandt adalah seorang filsuf Amerika yang mewarisi tradisi utilitarian dalam filsafat moral.[1] Ia mengajar di Universitas Swarthmore sebelum menghabiskan sebagian besar karirnya di Universitas Michigan.[1] Universitas Michigan juga merupakan tempat ia mengajar dengan Charles Stevenson dan William K. Frankena dan menjabat sebagai Ketua departemen filsafat.[1] Richard Brandt menulis Teori Etis.[2] Dalam buku tersebut, ia membela aturan-utilitarianisme dalam Menuju bentuk kredibel utilitarianisme dan studi antropologi budaya dilakukan pada saat itu.[2] Dalam salah satu karyanya, Brandt mengusulkan definisi reformasi rasionalitas, yaitu rasional jika preferensi seseorang sedemikian rupa sehingga psikoterapi kognitif dalam hal semua informasi yang relevan dan kritik logis mereka dapat bertahan.[2] Ia berpendapat juga bahwa moralitas orang-orang rasional seperti itu akan menjadi bentuk utilitarianisme.[2] Brandt percaya bahwa aturan moral harus dipertimbangkan dan hal ini ia sebut dengan kode moral.[2] Kode moral dibenarkan ketika itu adalah kode yang optimal, sehingga jika diadopsi dan diikuti akan memaksimalkan kepentingan umum lebih dari setiap kode alternatif lain.[2]




Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris)Lawrence C. Becker, dkk. 2001. Encyclopedia of Ethics volume P-Z. New York: Gorland Publishing. pg. 156-157.
  2. ^ a b c d e f (Inggris)Steven M. Cahn and Peter Markie. 2006. Ethics: History, Theory, and Contemporary Issues. New York: Oxford University Press. pg. 568-583.