Rich Dad, Poor Dad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mengenal Robert Kiyosaki
Robert Kiyosaki

Rich Dad Poor Dad (Ayah Kaya, Ayah Miskin) adalah buku tahun 1997 karya Robert Kiyosaki dan Sharon Lechter.[1] Rich Dad, Poor Dad (Ayah Kaya, Ayah Miskin) adalah buku yang membahas masalah finansial yang dihadapi banyak orang dikarenakan ajaran keliru orang tua mereka mengenai keuangan, yang juga dialaminya semasa kecil dan remaja. Ayah yang mengajarkan pengetahuan finansial di dalam buku ini disebut Ayah Miskin ("Poor Dad") dan Ayah Kaya ("Rich Dad").

Latar Belakang Buku Rich Dad Poor Dad[sunting | sunting sumber]

Ayah Miskin yang dimaksudkan oleh Robert adalah ayah kandungnya sendiri yang ia bandingkan dengan ayah temannya yang ia sebut sebagai Ayah Kaya. Ayah kandung Robert adalah seorang guru yang berpendidikan tinggi yang selalu menekankan anak-anaknya untuk giat bersekolah supaya bisa mendapatkan nilai yang bagus di sekolah dan pekerjaan yang terjamin di masa mendatang.

Dengan kata lain Ayah Miskin menyarankan agar anaknya menjadi pegawai yang berpenghasilan tinggi, tetapi tetap bergantung kepada gaji sepanjang hidupnya. Namun berbeda dengan saran Ayah Kaya yang tidak berpendidikan tinggi namun mengajarkan agar anak-anaknya untuk mengambil risiko membangun bisnis dan menjadi investor setelah mereka lulus sekolah.

Kedua ayah ini disebutkan telah memberikan pengaruh yang besar terhadap kehidupannya yang sekarang, karena dengan ajaran Ayah Kaya, ia bisa berhasil dalam bidang finansial, dan dengan pengaruh ayah kandungnya yang merupakan seorang pendidik terkenal, Robert bisa menjadi pengajar banyak orang mengenai pendidikan ekonomi yang ia ciptakan. Buku Rich Dad Poor Dad saat ini telah diterjemahkan dalam 35 bahasa.

Rich Dad Poor Dad (Ayah Kaya, Ayah Miskin) telah berhasil terjual sebanyak 32 juta copy dengan 51 bahasa di lebih dari 109 negara berbeda. Buku ini telah berada di daftar New York Times bestsellers selama lebih dari enam tahun dan menerima banyak ulasan positif dari beberapa kritikus.[1]

Isi Buku Rich Dad Poor Dad[sunting | sunting sumber]

Buku "Rich Dad Poor Dad" membahas berbagai konsep keuangan yang tidak diajarkan di sekolah. Ini termasuk bagaimana memahami perbedaan antara aset dan kewajiban, mengapa investasi adalah kunci untuk membangun kekayaan, dan mengapa penting untuk memiliki pendidikan keuangan yang baik.

Bagi banyak orang di Indonesia, buku ini membuka mata mereka tentang pentingnya mengelola uang dengan bijak. Ia juga menginspirasi banyak orang untuk mulai berinvestasi dan memahami bahwa ada lebih banyak pilihan di luar sana daripada hanya bekerja untuk gaji.[2]

6 Pelajaran utama buku "Rich Dad Poor Dad":

  • Orang kaya tidak bekerja untuk uang
  • Mengapa diperlukan financial literacy (melek secara financial)
  • Urus bisnis anda sendiri
  • Sejarah Pajak dan Kekuatan Perusahaan
  • Orang kaya menginvestasikan uangnya
  • Bekerja untuk belajar - jangan bekerja untuk uang[3]

Buku "Rich Dad Poor Dad Indonesia PDF" telah membawa pemahaman baru tentang keuangan dan bisnis ke banyak orang di Indonesia dan seluruh dunia. Ini adalah buku yang menginspirasi kita untuk memandang uang dan investasi dengan cara yang berbeda. Namun, penting untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip ini dengan bijak dan sah.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Rich Dad Poor Dad". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2018-02-05. 
  2. ^ "Rich Dad Poor Dad Indonesia PDF". RIAU BISNIS. Diakses tanggal 2023-10-18. 
  3. ^ KIYOSAKI;, ROBERT T. (2013). RICH DAD, POOR DAD: APA YANG DIAJARKAN ORANG KAYA PADA ANAK-ANAK MEREKA TENTANG UANG- YANG TIDAK DIAJARKAN OLEH ORANG MISKIN DAN KELAS MENENGAH (dalam bahasa Indonesia). PT. GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA. ISBN 978-979-655-927-5. 
  4. ^ "Rich Dad Poor Dad Indonesia PDF". RIAU BISNIS. Diakses tanggal 2023-10-18.