Republik Sosialis Soviet Galisia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Republik Sosialis Soviet Galisia
Galitskaya Sovetskaya Sotsialisticheskaya Respublika
Keadaan tidak dikenali
1920–1921


Bendera

Ibu kota Ternopil
Bentuk pemerintahan Komite Revolusioner (provisional)
Ketua Volodymyr Zatonsky
Era sejarah Periode antar perang
 -  Didirikan 15 Juli 1920
 -  Dibubarkan 21 September 1921
Pendahulu
Pengganti
Republik Rakyat Ukraina Barat
Republik Polandia Kedua
Republik Polandia Kedua
Sekarang bagian dari  Ukraina


Republik Sosialis Soviet Galisia '( Rusia: Галицкая Социалистическая Советская Республика, Г.С.С.Р.),disebut juga RSS Galisia, adalah entitas politik antara 15 Juli - 21 September 1920. Negara komunis didirikan selama serangan balasan yang sukses dari Tentara Merah pada musim panas 1920 sebagai bagian dari Perang Polandia-Soviet dan di mana pasukan militer gabungan Polandia-Ukraina (Front Ukraina Polandia) terpaksa mundur dari posisinya di sepanjang Dnieper yang itu diamankan pada awal 1920 sampai ke kaki Pegunungan Carpathian .

Deksripsi[sunting | sunting sumber]

Republik ini menjadi zona penyangga dari konflik yang sedang berlangsung di wilayah front Barat-Selatan Tentara Merah . Karena serangan yang berhasil pada Juli 1920, pemerintah Soviet juga menciptakan Polrevkom dan berniat menciptakan Republik Sosialis Soviet Polandia. Kegiatan serupa, tetapi kurang rumit, dari komunis Polrevkom, terkait dengan front Utara-Barat dari Tentara Merah .

RSS Galisia didirikan pada 15 Juli 1920 ketika Komite Revolusi Galisia ( Halrevkom ), sebuah pemerintahan sementara yang dipimpin oleh Volodymyr Zatonsky (Vladimir Zatonsky) dan dibentuk pada 8 Juli di Kiev di bawah naungan Partai Komunis Ukraina, mengeluarkan deklarasi.

Pemerintah komunis pindah ke Tarnopol (sekarang Ternopil) di Galisia Timur pada 1 Agustus 1920 setelah pendudukan wilayah tersebut oleh Tentara Merah. Pada hari yang sama Halrevkom mengadopsi sebuah dekrit "Tentang pembentukan kekuatan Soviet di Galisia". Bahasa nasional (dengan status yang sama) dinyatakan sebagai bahasa Polandia, Ukraina dan Yiddish. Dengan dekritnya, pemerintah komunis menghapuskan kepemilikan swasta atas alat-alat produksi, mendirikan delapan jam kerja, memisahkan gereja dari perkebunan negara dan menasionalisasi gereja, mendirikan sekolah buruh tunggal dengan pendidikan tujuh tahun, dan menasionalisasi tanah itu. Pada akhir Agustus, Halrevkom mencoba melakukan pemilihan untuk membentuk pemerintahan Soviet yang permanen dan menyelenggarakan kongres Soviet yang seluruhnya terdiri atas Galisia.

Dengan serangan Polandia pada 15 September, rencana itu gagal dan Halrevkom menarik diri dari Tarnopol. Pada 21 September 1920, republik secara resmi dihapuskan dan komite revolusionernya diubah menjadi Biro Galisia Komite Sentral Partai Komunis Ukraina . Dengan ditandatanganinya Perdamaian Riga pada Maret 1921, biro itu dilikuidasi.

Halrevkom tidak menguasai daerah yang paling penting dari Timur Galisia:Lviv daerah dengan nya ladang minyak dari Boryslav dan Drohobych .

Komposisi pemerintah[sunting | sunting sumber]