Renny Jayusman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Renny Jayusman
Latar belakang
Nama lahir Renny Retno Yuskarini
Lahir 2 Januari 1959 (umur 60)
Bendera Indonesia Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Jenis musik Rock
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 1987–sekarang
Pasangan Putu Wijaya (k. 1977; c. 1984)
Anak Yuka Mandiri
Indra Kharisma
Agama Islam

Renny Jayusman atau yang memiliki nama asli Renny Retno Yuskarini (lahir di Semarang, 2 Januari 1959; umur 60 tahun) adalah penyanyi aliran rock asal Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Renny memang dikenal sebagai seniman yang nyentrik. Ia besar di lingkungan teater dan kesenian yang kental. Dua tahun setelah menikahi Putu Wijaya, Renny mendirkan paguyuban teater bernama Teater Adinda. Melalu wadah ini ia semakin aktif untuk berkesenian dan juga sering tampil di panggung Taman Ismail Marzuki (TIM). Selain dikenal sebagai seniman, ia juga merupakan rocker wanita Indonesia. Ia sempat berduet dengan Euis Darliah, bintang rock wanita yang terkenal lebih dahulu dalam acara Chandra Kirana di TVRI.

Di bulan September 2012, Renny akan menggelar konser yang bertajuk Pergelaran Multimedia Tembang Harmoni. Konser ini digelar untuk menghidupkan kembali panggung artis, penyanyi, dan musisi tanah air di negeri sendiri.

Dalam konser ini sederet nama penyanyi terkenal seperti Sandhy Sondoro, Harvey Malaiholo, Fariz RM, Vidi Aldiano, Cici Paramida, Dira Sugandi, Joy Tobing, dll dipastikan akan membawakan lagu asli buatan anak negeri sendiri seperti karya Koes Plus, Gombloh, Eros Djarot, Jockie Surjoprajogo, termasuk beberapa lagu ciptaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Renny pernah menikah dengan seniman Putu Wijaya pada tahun 1977. Pasangan ini dikaruniai satu anak yaitu Yuka Mandiri, tetapi pasangan ini memilih bercerai pada 1984.

Pada tahun 2012, ketenangan rumah Renny diusik dengan dikirimkannya 2 paket ganja oleh orang yang tak dikenal. Paket tersebut ditujukan untuk kedua anak Renny. Renny pun melapor kepada pihak yang berwajib hingga tak lama kemudian di pelaku asli berhasil dibekuk. Alasan si pengirim ternyata hanya untuk menarik simpati mantan istri si pelaku yang jelas - jelas tidak ada hubungannya dengan keluarga Renny.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]