Renfe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Renfe-Operadora
Badan usaha milik negara (Empresa pública)
IndustriTransportasi rel
Didirikan1 Januari 2005
Kantor
pusat
Madrid, Spanyol
Tokoh
kunci
Isaías Táboas (CEO)
ProdukPengangkutan rel, transportasi barang
PendapatanKenaikan 3,979 miliar (2018)[1]
Kenaikan 111 juta (2018)
PemilikPemerintah Spanyol (100%)
Karyawan
Penurunan 13.720 (2018)
Anak
usaha
Renfe Viajeros
Renfe Mercancías
Renfe Fabricación y Mantenimiento
Renfe Alquiler de Material Ferroviario
Situs webrenfe.com

Renfe, secara resmi Renfe-Operadora, adalah perusahaan kereta api penumpang nasional Spanyol.[2]

Perusahaan ini dibuat pada tahun 2005 setelah pecahnya mantan perusahaan nasional Renfe menjadi Administrador de Infraestructuras Ferroviarias (yang mewarisi infrastruktur kereta) dan Renfe-Operadora (yang mewarisi layanan kereta api).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama "Renfe" adalah singkatan dari Red Nacional de los Ferrocarriles Españoles, yang berasal dari bekas Jaringan Kereta Api Nasional Spanyol yang dibuat pada 24 Januari 1941 dari nasionalisasi jalur kereta api Spanyol. Untuk menyesuaikan dengan Direktif UE 91/440, Renfe dibagi menjadi Renfe-Operadora (operasional) dan ADIF (infrastruktur) pada 1 Januari 2005. Pada saat yang sama, logo panah ganda RENFE pada saat itu (yang dijuluki "galleta", bahasa Spanyol untuk biskuit) yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1971 dan diberi facelift pada tahun 1983, dengan font sans-serif, dan kemudian pada tahun 2000 dengan font italic huruf campuran, telah digantikan dengan logo dengan huruf kecil berwarna ungu gelap yang dirancang oleh Interbrand, dan juga menggantikan beberapa logo terpisah yang digunakan oleh sektor lain, meskipun logo lama Renfe tetap digunakan di beberapa stasiun di Spanyol dan di peta untuk menunjukkan stasiun ADIF.

Undang-Undang Sektor Perkeretaapian tahun 2003 memisahkan pengelolaan, pemeliharaan, dan pembangunan infrastruktur kereta api dari pengoperasian kereta api. Kegiatan itu kini menjadi tanggung jawab Administrador de Infraestructuras Ferroviarias (ADIF), penerus legal RENFE, sedangkan Renfe-Operadora yang baru didirikan (dengan nama komersial "Renfe Operadora" atau hanya "Renfe") bertanggung jawab atas sarana perkeretaapian dan tetap bertanggung jawab atas perencanaan, pemasaran, dan pengoperasian layanan kereta api penumpang dan barang (meskipun tidak lagi dengan monopoli hukum).[3]

Renfe tidak lagi memonopoli layanan kereta api penumpang domestik. Ouigo España diluncurkan sebagai kereta pesaing di rute Madrid–Barcelona pada tahun 2021, diikuti oleh Iryo pada tahun 2022.

Operasi[sunting | sunting sumber]

Peta jaringan kereta api Spanyol per tahun 2019. Renfe Operadora beroperasi dengan sepur lebar (oranye), sepur standar (abu-abu), dan sepur meter (hijau).

Perusahaan ini mengoperasikan sekitar 12.000 km jaringan rel kereta api, 7.000 km di antaranya dialiri listrik. Sebagian besar rel dibangun dengan lebar sepur "sepur Iberia" sebesar 1.668 mm (5 kaki 5+21⁄32 inci), sama seperti yang digunakan di Portugal tetapi lebih lebar dari sepur standar internasional 1.435 mm (4 kaki 8+1⁄ 2 in) yang merupakan sepur standar di negara tetangganya, Prancis, sebagian besar Eropa barat dan tengah, dan sebagian besar belahan dunia lainnya. Jaringan kereta kecepatan tinggi (AVE) yang lebih baru telah dibangun dengan sepur standar internasional 1.435 mm untuk dapat tersambung ke seluruh sistem perkeretaapian Eropa. Untuk alasan ini, sepur 1.435 mm umumnya disebut "sepur Eropa" di Spanyol.

Kereta kecepatan tinggi AVE

Layanan kereta kecepatan tinggi di Spanyol disebut AVE (Alta Velocidad Española, yang berarti "Kecepatan Tinggi Spanyol"). Logo AVE menggabungkan fitur yang menyerupai burung (ave dalam bahasa Spanyol). Jalur kecepatan tinggi dibuat dengan sepur standar Eropa (1.435 mm atau 4 kaki 8+1⁄2 inci).

Pembangunan jalur kecepatan tinggi antara Madrid dan Sevilla dimulai tahun 1988, dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Kecepatan kereta api di jalur Sevilla adalah 300 km/jam. Jalur kecepatan tinggi kedua (Madrid ke Barcelona) selesai pada tahun 2007 dengan layanan perdana dimulai pukul 06:00 tanggal 20 Februari 2008. Kecepatan operasional pada rute ini adalah 350 km/jam. Bagian lebih besar jalur (Madrid ke Lérida) dioperasikan pada 11 Oktober 2003, dengan koneksi ke Huesca dari Zaragoza. Jalur kecepatan tinggi ketiga (Madrid ke Toledo) dibuka pada November 2005, diikuti oleh pacuan dari Córdoba ke Málaga hingga Antequera pada tahun 2007. Rute kecepatan tinggi lainnya dari Madrid ke Valladolid dibuka pada tahun 2007, jalur dari Madrid ke Valencia dibuka pada 2010 dan tahap pertama jalur kecepatan tinggi di Galicia dibuka pada 2011. Jalur ke Lisbon saat ini sedang dirancang.

Jaringan lain yang dioperasikan oleh Renfe juga termasuk Euromed, jaringan kereta kecepatan sedang antara Barcelona dan Alicante.

Selain transportasi antarkota, Renfe juga mengoperasikan jaringan kereta komuter yang dikenal sebagai Cercanías (atau Rodalies di Catalonia dan Cercanías-Aldirikoak di Negeri Basque), di sebelas wilayah metropolitan termasuk Madrid dan Barcelona. Di beberapa kota, Renfe berbagi pasar dengan operator kereta api komuter lainnya, seperti FGC di Barcelona.

Pada tahun 2019, Renfe mengajukan tawaran untuk 31 kereta baru untuk wilayah Asturias dan Cantabria, serta kontrak senilai €258 juta diberikan kepada CAF (Construcciones y Auxiliar de Ferrocarriles) pada Juni 2020. Sekitar Februari 2023, pihak berwenang menemukan bahwa desain tersebut menggunakan sepur muatan yang salah, dan akan terlalu lebar untuk melewati terowongan, karena terowongan di wilayah tersebut dibangun pada abad ke-19 sehingga tidak mengakomodasi ukuran kereta api standar saat ini.[4] Di tengah rasa malu internasional, operator kereta api Renfe dan perusahaan kereta api Adif masing-masing mencoba mengalihkan tanggung jawab; masing-masing memecat satu pejabat, tetapi beberapa meminta petingginya untuk mundur. Untungnya kereta tersebut masih dalam tahap desain, namun desain untuk kereta komuter Cercanía akan ditunda setidaknya dua tahun, hingga 2026.[5][6][4] Selanjutnya, para pejabat transportasi termasuk presiden RENF dan Sekretaris Negara untuk transportasi mengundurkan diri.[7]

Layanan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Renfe cerró 2018 con un beneficio de 111 millones de euros". 
  2. ^ "Renfe | Train Tickets & Routes | Book in English". Trainline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-27. 
  3. ^ "FCMAF - La nueva Renfe". www.fcmaf.es. Diakses tanggal 2023-05-27. 
  4. ^ a b Hagen, Isobel van. "$276 million was spent on 31 Spanish trains before it was realized they were too big to fit in the tunnels". Business Insider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-27. 
  5. ^ "Spain spends €258m to build trains too big for its tunnels". MSN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-27. 
  6. ^ "antabrian President demands heads of 'big shots' must roll over new trains not fitting through tunnels". Euro Weekly News. 
  7. ^ "Heads roll in Spain over trains too wide for tunnels". Stuff (dalam bahasa Inggris). 2023-02-21. Diakses tanggal 2023-05-27.