Rencana Kebangkitan Tiongkok Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Enam provinsi di wilayah Tiongkok Tengah yang menjadi target Rencana Kebangkitan Tiongkok Tengah.

Rencana Kebangkitan Tiongkok Tengah (Hanzi sederhana: 中部崛起计划; Hanzi tradisional: 中部崛起計劃; Pinyin: Zhōngbù Juéqǐ Jìhuà) adalah kebijakan pemerintah Republik Rakyat Tiongkok untuk mempercepat pengembangan wilayah Tiongkok Tengah. Diumumkan oleh Perdana Menteri Wen Jiabao pada tanggal 5 Maret 2004, rencana ini mencakup enam provinsi: Shanxi, Henan, Anhui, Hubei, Hunan, dan Jiangxi.

Shanxi[sunting | sunting sumber]

Rumah peninggalan keluarga Qiao, terletak di Jinzhong, Shanxi. Pernah menjadi lokasi pembuatan film karya Zhang Yimou berjudul Raise the Red Lantern.

Industri batu bara merupakan industri utama di Shanxi saat ini, dan terus berupaya mengembangkan industri metalurgi, manufaktur peralatan, pariwisata dan industri lainnya.

Henan[sunting | sunting sumber]

Distrik Komersial Luoyang, Henan.

Wilayah provinsi Henan masih banyak didominasi oleh lahan pertanian tradisional dengan total populasi lebih dari 100 juta jiwa. Industri di Henan saat ini mulai meningkat pesat, seperti industri makanan, aluminium, kimia dan batu bara. Provinsi ini direncanakan untuk membangun "produksi pangan yang penting secara nasional berbasis pertanian modern, pengembangan industri terkoordinasi, urbanisasi, dan pertanian modern, serta menjadi zona warisan budaya dan sejarah di Tiongkok." Ditargetkan untuk menjadi provinsi modern di sektor pertanian, peternakan dan pariwisata.

Anhui[sunting | sunting sumber]

Provinsi Anhui memiliki industri di bidang peralatan industri, mobil, bahan logam, dan pengolahan produk pertanian.

Hubei[sunting | sunting sumber]

Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, merupakan kota utama di wilayah Tiongkok Tengah. Industri penting di provinsi ini meliputi: mobil, baja, petrokimia, makanan, informasi elektronik, dan tekstil. Provinsi Hubei juga sangat kaya akan sumber daya tenaga air, selain itu pabrik perkakas, bahan bangunan, dan biomedis juga merupakan industri yang relatif maju di Hubei. Provinsi ini direncanakan menjadi "zona pemrosesan, produk pertanian, manufaktur, pengembangan teknologi tinggi, dan pusat logistik modern."

Hunan[sunting | sunting sumber]

Industri di Hunan sebagian besar adalah konstruksi, manufaktur perkakas, logam besi, baja dan pabrik rokok. Hunan juga memiliki media televisi yang cukup terkenal.

Jiangxi[sunting | sunting sumber]

Fokus industri di provinsi Jiangxi terutama di bidang metalurgi, bahan logam, farmasi, makanan, bahan bangunan, energi baru dan sebagainya. Rencananya provinsi ini akan dijadikan sebagai pusat industri di daerah pesisir yang maju, basis untuk memproses dan memasok produk pertanian yang berkualitas tinggi, pangkalan ekspor tenaga kerja, dan juga sebagai "halaman belakang" di sektor pariwisata serta rekreasi.

Pada 23 September 2009, Dewan Negara Republik Rakyat Tiongkok membahas dan menyetujui "Rencana Mempromosikan Kebangkitan Tiongkok Tengah".[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "温家宝主持国务院常务会讨论并原则通过《促进中部地区崛起规划》" (dalam bahasa Tionghoa). 新华网. 2009-09-23. Diakses tanggal 2009-11-29.