Rencana Fugu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Rancangan Fugu (河豚計画 Fugu keikaku?) adalah rencana yang dibuat pada tahun 1930-an di Kekaisaran Jepang mengenai pengungsi Yahudi yang melarikan diri dari Eropa yang diduduki Nazi, di wilayah Jepang di benua Asia, demi kepentingan Jepang. Rencana ini pertama dibicarakan pada tahun 1934, dan ditetapkan pada tahun 1938 dalam Konferensi Lima Menteri, namun penandatanganan Pakta Tripartit pada tahun 1941, bersama dengan terjadinya peristiwa yang lain, mencegah program ini dilaksanakan dengan maksimal.

Pembuat rencana ini percaya bahwa Yahudi memberikan keuntungan kepada Jepang, tetapi juga agak berbahaya. Oleh sebab itu rancangan ini disebut dengan nama makanan Jepang "fugu", sejenis ikan yang dapat menyebabkan kematian jika hidangan ikan ini tidak disediakan dengan baik.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Adam Gamble and Takesato Watanabe. A Public Betrayed: An Inside Look at Japanese Media Atrocities and Their Warnings to the West. Muka surat 196-197.

Tokayer, Rabbi Marvin; Mary Schwartz (1979). The Fugu Plan: The Untold Story of the Japanese and the Jews During World War II. Paddington Press. ASIN: B000KA6NWO. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]