Rembo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rembo
Anthias anthias
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Anthias

Bloch, 1792
Spesies tipe
Labrus anthias
Linnaeus, 1758[1]
Spesies

Lihat teks

Rembo adalah sejenis ikan dari genus anthias, adalah genus ikan berwarna-warni di subfamili Anthiadinae . Sebagian besar spesies ditemukan di terumbu dalam di Atlantik tropis dan subtropis, seringkali jauh di bawah kedalaman yang dapat dijangkau oleh penyelam skuba . Satu spesies, A. noeli, ditemukan di terumbu karang dalam di Pasifik Timur. [2]

Mereka berwarna merah, merah muda, jingga, atau kuning, dan spesies terbesar mencapai 29 cm (11 in) panjangnya. Mereka biasanya muncul dalam kelompok yang memakan zooplankton .

Spesies[sunting | sunting sumber]

Dahulu genus ini mencakup lebih banyak spesies, namun sebagiannya kini telah dipindahkan ke genus lain misalnya Callanthias, Odontanthias, dan Pseudanthias. Berdasarkan FishBase, spesies berikut saat ini termasuk dalam Anthias:[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eschmeyer, William N.; Fricke, Ron; van der Laan, Richard (ed.). "Anthias". Catalog of Fishes. California Academy of Sciences. Diakses tanggal 27 May 2020. 
  2. ^ a b Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2019). Species of Anthias di FishBase. Versi December 2019.
  3. ^ a b Anderson, William D. Jr.; Heemstra, Phillip C. (1980). "Two New Species of Western Atlantic Anthias (Pisces: Serranidae), Redescription of A. asperilinguis and Review of Holanthias martinicensis". Copeia. 1980 (1): 72–87. doi:10.2307/1444135. JSTOR 1444135.