Catalog of Fishes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Catalog of Fishes adalah database online yang komprehensif dan karya referensi tentang nama ilmiah spesies dan genera ikan. Cakupannya bersifat global dan diselenggarakan oleh California Academy of Sciences. Database ini telah disusun dan terus diperbarui oleh kurator emeritus koleksi ikan CAS, William N. Eschmeyer.

Taksonomi yang dikelola oleh Catalog of Fishes dianggap resmi dan digunakan sebagai referensi dasar, misalnya oleh database ikan global yang lebih luas yakni FishBase,[1][2] yang melibatkan referensi silang ke informasi Katalog untuk semua Takson yang diterima. Pada tahun 2015, katalog yang dapat dicari berisi entri untuk sekitar 58.300 nama spesies ikan, sekitar 33.400 di antaranya saat ini diterima (valid), dan sekitar 10.600 genera (5.100 yang valid).[3][4] Informasi yang diberikan untuk setiap nama spesies umumnya berisi referensi ke deskripsi asli, tipe spesimen, referensi penggunaan nama dalam literatur taksonomi, pernyataan status nama saat ini dan nama sah takson, dan informasi yang diberikan untuk setiap nama keluarga yang dimilikinya.

Katalog versi cetak tiga jilid dan CD setebal 3000 halaman diterbitkan pada tahun 1998. Katalog tersebut didahului oleh Catalog of the genera of recent fishes pada tahun 1990.[5]

Katalog ini berganti nama menjadi Eschmeyer's Catalog of Fishes pada tahun 2019; dan kini diedit oleh Ronald Fricke, Richard van der Laan, dan William N. Eschmeyer. Katalog ini tersedia secara online dan diperbarui tiap bulannya.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber Asli[sunting | sunting sumber]

  • Eschmeyer, W.N. Catalog of Fishes Online Database
  • Eschmeyer, W.N. (ed.) 1998. Catalog of fishes. Special Publication, California Academy of Sciences, San Francisco. 3 vols. 2905 p.
  • Eschmeyer, W.N. 1990. Catalog of the genera of recent fishes. California Academy of Sciences, San Francisco. 697 p.