Reli Swedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peugeot 206 milik Juuso Pykälistö yang melaju tak terkendali dalam Reli Swedia 2003.

Reli Swedia Uddeholm (bahasa Swedia: Svenska rallyt), dahulu Reli Swedia, merupakan perlombaan reli mobil yang diselenggarakan pada awal bulan Februari di Värmland, Swedia. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1950, ketika masih disebut sebagai Reli Matahari Tengah Malam dengan titik awal dan henti di tempat terpisah, 17 tahun kemudian titik awal dan henti terletak di Karlstad. Tempat utamanya terletak di Hagfors, yang sebenarnya lebih dekat ke panggung khusus daripada Karlstad. Pertandingan itu diselanggarakan dalam 3 hari yang diawali di Jumat pagi dan diakhiri di Minggu siang.

Pada tahun 1973, reli ini diperkenalkan ke World Rally Championship dan mulai mendapatkan perhatian internasional; Reli Swedia juga merupakan satu-satunya reli yang diselenggarakan di salju. Pemenang Reli Swedia biasa berasal dari Swedia maupun Finlandia hingga tren itu dipecahkan oleh Sebastien Loeb dari Perancis pada tahun 2004.

Reli ini telah ditunda 2 kali; tahun 1974 akibat krisis minyak dan pada tahun 1990 karena cuaca yang meninggi. Cuaca terus menjadi maslah, karena peningkatan suhu Bumi mengurangi kemungkinan keadaan yang selalu bersalju tiap tahun. Even tahun 2005 adalah salah satu yang terhangat, mengubah sejumlah panggung menjadi lumpur dan menghancurkan ban salju yang ditaburkan khusus yang digunakan oleh tim.

Pemenang[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]