Regresa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Regresa
SutradaraAlejandro González Padilla
Ditulis olehMonica Abin, Alejandro González Padilla
PemeranJaime Camil & Blanca Soto
Perusahaan
produksi
Producciones X Marca
Tanggal rilis
2010
Durasi1.32 jam
NegaraMeksiko
BahasaSpanyol, Basque

Regresa adalah film roman komedi asal Meksiko yang rilis pada 2010. Film yang disutradarai oleh Alejandro González Padilla ini diperankan oleh Jaime Camil dan Blanca Soto.[1] Regresa memenangkan penghargaan sebagai film terbaik di Festival Film Amal Monako[2] Dengan mengusung genre komedi, "Regresa" berfokus pada kisah tentang seorang istri yang mengikuti terapi namun ketika disadarkan, ia malah kehilangan identitas dan menjadi wanita Basque dari abad ke-15. "Asko maite zaitut" atau berarti "Aku sangat mencintaimu" menjadi frase dalam Bahasa Basque yang melekat dalam film ini.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini bercerita tentang kehidupan suami istri yang saling mencintai dalam waktu lama. Seiring berjalannya waktu, Maria (Blanca Soto) merasa terabaikan oleh suaminya sendiri. Di tengah-tengah kondisinya yang sedang hamil, Ernesto (Jaime Camil) sang suami tidak memperhatikannya. Ia malah sibuk dengan urusan bisnisnya dan melupakan dirinya.

Di saat itulah dua orang sahabatnya, yakni Pato (Daniela Schmidt) dan Isabel (Mariana Peñalva) mengajak Maria untuk mengunjungi seorang terapis bersertifikat bernama Olga. Mereka meyakinkan Maria untuk melakukan 'regresa' (kembali) untuk mengetahui apa yang terjadi di masa lampau.

Maria pun mengikuti saran dari dua orang sahabatnya. Ditemani oleh Pato dan Isabel, ia kemudian mengunjungi seorang terapis bersertifikat bernama Dokter Olga (Mónica Huarte). Namun setelah melakukan sesi terapi, masalah datang karena Maria tidak kembali ke masa sekarang. Ia justru malah berteriak kencang dan berbicara dalam bahasa yang asing. Untuk itulah Isabel pun menghubungi Ernesto dan mengirimkan Maria ke rumah sakit.

Setibanya di rumah sakit Ernesto terkejut karena Maria tidak mengenalinya dan berbicara dalam bahasa yang tidak ia ketahui. Ia bersama Adolfo (Víctor Huggo Martin) kemudian mencari tahu tentang apa yang terjadi pada Maria. Dari hasil penelusuran, akhirnya diketahui bahwa Maria berbicara dalam Bahasa Basque.

Ernesto dan Adolfo kemudian mengunjungi Kedutaan Besar Spanyol di Kota Meksiko untuk mencari seorang penerjemah Bahasa Basque. Pihak kedutaan kemudian menghubungkan mereka berdua dengan seorang juru masak bernama Iniaki (Javier Tolosa) yang bisa berbicara dalam Bahasa Basque.

Sejak itu, Iniaki menjadi interpreter Maria. Ia turut mendampingi Maria untuk menerjemahkan apa yang dimaksud olehnya ke dalam Bahasa Spanyol. Dari penuturan Maria, Iniaki menjelaskan bahwa Maria mengaku sebagai Putri dari Kerajaan Navare di abad ke-15 yang hendak menikah dengan seorang pangeran. Maria juga menyampaikan kepada Iniaki bahwa ia takut dengan peralatan elektronik dan percaya bahwa beberapa penyihir memindahkannya dari masa lampau ke masa sekarang.

Berkat bantuan Iniaki, Ernesto pun berusaha untuk mendapatkan Maria kembali.

Cast[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]