Reforma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Reforma
TipeKoran harian
FormatLembar lebar
PemilikGrupo Reforma
RedaksiJuan Pardinas
Didirikan1993
BahasaSpanyol
PusatWashington 629 Ote.
64000 Monterrey,
Nuevo León, Meksiko
Situs webreforma.com

Reforma adalah surat kabar Meksiko yang berbasis di Mexico City. Surat kabar ini memiliki 276.700 pembaca di Mexico City.[1] Surat kabar ini berbagi konten dengan surat kabar lain di grup berita induknya Grupo Reforma. Nama Reforma diambil dari nama jalan Mexico City dengan nama yang sama, Paseo de la Reforma, yang selanjutnya dinamai "La Reforma", serangkaian reformasi liberal yang dilakukan oleh negara tersebut pada pertengahan abad ke-19.

Surat kabar ini menekankan desainnya, variasi kolumnis, dan editorial yang mengecam korupsi politik. Surat kabar ini menampilkan terjemahan mingguan dari artikel-artikel lokal terpilih dari surat kabar Amerika Serikat dan media asing lainnya, termasuk The New York Times, The Wall Street Journal dan People's Daily.[2] Reforma edisi Minggu sebelumnya memuat majalah tambahan berjudul Top Magazzine, yang meliput gosip selebriti, pratinjau Hollywood dan wawancara.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, Junco dan Reforma dianugerahi Penghargaan Ortega y Gasset untuk Jurnalisme Spanyol, yang diberikan setiap tahun kepada jurnalis yang karyanya telah menunjukkan "pertahanan luar biasa terhadap kebebasan, independensi, dan ketelitian profesional."[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Según el informe de Bimsa... en tercer sitio aparece Reforma con 276,700" Diarsipkan April 6, 2006, di Wayback Machine.
  2. ^ Young, Ellie; Ludwig, Jessica. "Mexico: Beijing's Global Media Influence 2022 Country Report". Freedom House (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-08-05. 
  3. ^ "Reconocimiento al periodismo de investigación del diario 'Reforma'". El Pais. 2001-05-09. Diakses tanggal 2021-03-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]