Refleks Galant

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Refleks Galant merupakan jenis refleks yang dapat terjadi ketika bayi dalam posisi prone lying dan ibu menyentuh salah satusisi spine bayi. Reaksi normal yang muncul adalah panggul bayi akan fleksi kearah yang distimulasi, tangan dan lutut menekuk dan kepala terangkat. Stimulasi pada kedua sisi spinepada saat yang bersamaan akan mengaktivasi sistem urinaria. Refleks galant akan hilang pada 3-9 bulan. Apabila refleks galant belum hilang akan menyulitkan bayi untuk duduk, kemungkinan skoliosis, postur yang buruk, hip rotasi salah satu sisi ketika berjalan, penyakit digestif kronik dan mengompol pada usia 5 tahun.

Cara Pemeriksaan[sunting | sunting sumber]

Refleks galant ditimbulkan dengan menggosok satu sisi punggung sepanjang garis paravertebral 2-3 cm dari garis tengah mulai dari bahu hingga bokong.

Interpretasi[sunting | sunting sumber]

Respons normal adalah perlengkungan lateral dari badan ke arah sisi yang distimulisasi dengan bahu dan sendi panggul bergerak ke arah sisi yang digosok.Refleks galant secara normal hilang setelah 2-3 bulan. Jika reflek ini menetap hingga lewat 6 bulan, dimungkinkan ada patologis.