Ray Tomlinson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ray Tomlinson
Ray Tomlinson.jpg
Tomlinson pada tahun 2004
LahirRaymond Samuel Tomlinson
(1941-04-23)23 April 1941
Amsterdam, New York, Amerika Serikat
Meninggal5 Maret 2016(2016-03-05) (umur 74)
Lincoln, Massachusetts, Amerika Serikat
KebangsaanAmerika Serikat
AlmamaterRensselaer Polytechnic Institute
Massachusetts Institute of Technology
PekerjaanPemrogram, penemu
Dikenal atasPenemu sistem surat elektronik

Raymond Samuel Tomlinson (23 April 1941 – 5 Maret 2016) adalah seorang ilmuwan komputer asal Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai penemu sistem surat elektronik untuk sistem ARPANET pada tahun 1971.[1][2][3][4]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Raymond Samuel Tomlinson lahir di Amsterdam, New York pada tahun 1941. Ia kuliah di Rensselaer Polytechnic Institute, di mana ia  magang di IBM dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Teknik Elektro pada tahun 1963. Kemudian, ia melanjutkan penelitiannya. di Massachusetts Institute of Technology (MIT),  di mana ia lulus dalam Teknik Elektro dari British Columbia pada tahun 1965.

Pada tahun 1967, ia bergabung dengan perusahaan penelitian dan pengembangan legendaris Bolt Beranek and Newman (sekarang Raytheon BBN Technologies) . Di BBN, ia berkontribusi pada pengembangan sistem operasi TENEX, termasuk implementasi protokol ARPANET dan TELNET. Pada tahun 1971, ia mengembangkan aplikasi email jaringan pertama ARPANET  dengan menggabungkan program SNDMSG dan CPYNET, memungkinkan pesan dikirim ke pengguna di komputer lain. Dia memilih simbol @ untuk memisahkan email lokal dari email global di alamat pos. Email jaringan orang-ke-orang lahir dan pengguna@host menjadi standar untuk alamat email, seperti yang terjadi sampai sekarang.

Program perpesanan Tomlinson membawa revolusi lengkap, yang secara fundamental mengubah cara orang berkomunikasi, termasuk cara bisnis, dari perusahaan besar hingga toko kecil, beroperasi dan bagaimana jutaan orang berbelanja, bank, dan tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, baik mereka di seluruh kota atau menyeberangi lautan. . Saat ini, puluhan juta perangkat berkemampuan email digunakan setiap hari. Email tetap menjadi aplikasi paling populer, dengan lebih dari 1,5 miliar pengguna  di seluruh dunia dan berkomunikasi melintasi batas waktu dan ruang tradisional.

Pada tahun 2000, Tomlinson menerima Penghargaan Pelopor Komputer George R. Stibitz dari Museum Komputer Amerika. Pada tahun 2001, ia menerima Webby Award dari International Academy of Digital Arts and Sciences dan dilantik ke dalam Rensselaer Alumni Hall of Fame. Pada tahun 2002, Majalah Discover memberinya Penghargaan Inovasi. Pada tahun 2004, ia menerima Penghargaan Insinyur Listrik dan Elektronik dari Institut Internet. Ia dinobatkan sebagai pemenang Prince of Asturias Prize for Scientific and Technical  Research pada  2009. Pada  2011, ia menerima Eduard Rhein Kulturpreis Cultural Prize. Dia berada di peringkat ke-4 dalam daftar  150 Inovator dan Ide Teratas MIT.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Email pioneer Ray Tomlinson dead at 74". The Sydney Morning Herald. 
  2. ^ "E-mail inventor Ray Tomlinson, who popularized @ symbol, dies at 74". Ars Technica. 
  3. ^ ABC News. "Inventor of Modern Email, Ray Tomlinson, Dies". ABC News. 
  4. ^ Claudio Müller (7 March 2016). "E-Mail-Pionier ist tot: Rest @ Peace, Ray Tomlinson". CHIP Online. 
  5. ^ "Official Biography: Raymond Tomlinson | Internet Hall of Fame". www.internethalloffame.org. Diakses tanggal 2022-01-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]