Rasisme sistemik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Rasisme sistemik atau rasisme terinstitusional adalah suatu bentuk rasisme yang tertanam dalam kehidupan sehari-hari di dalam suatu masyarakat atau organisasi. Rasisme ini dapat menyebabkan permasalahan seperti diskriminasi di dalam sistem peradilan, sistem ketenagakerjaan, perumahan, jaminan kesehatan, kekuasaan politik, dan pendidikan, serta masalah lainnya.[1]

Istilah rasisme terinstitusional pertama kali dipakai oleh Stokely Carmichael dan Charles V. Hamilton pada tahun 1967 di dalam buku mereka Black Power: The Politics of Liberation.[2] Mereka menulis bahwa meskipun rasisme individual sering kali dapat dikenali karena sifatnya yang terlihat, namun rasisme terinstitusional tidak begitu terlihat karena sifatnya yang substil. Rasisme jenis ini berasal dari penghulu-penghulu yang mapan dan dihormati di masyarakat, dan maka dari itu tidak mendapat kecaman publik sebanyak rasisme individual.[3]

rasisme terinstitusional didefinisikan oleh Sir William Macpherson di dalam kasus pembunuhan Stephen Lawrence di Britania Raya tahun 1999 sebagai: "kegagalan kolektif sebuah organisasi untuk memberikan layanan yang sesuai dan profesional kepada orang-orang dikarenakan warna kulit, budaya, atau asal etnis mereka. Hal ini dapat dilihat atau dideteksi di dalam berbagai proses, sikap, dan perilaku yang setimpal dengan diskriminasi melalui prasangka, ketidakpedulian, kesembronoan, dan stereotip rasis yang merugikan etnis minoritas."[4][5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Amy Harmon; Apoorva Mandavilli; Sapna Maheshwari; Jodi Kantor (13 June 2020). "From Cosmetics to NASCAR, Calls for Racial Justice Are Spreading". The New York Times. 
  2. ^ "Institutional". Oxford English Dictionary (edisi ke-Second edition on CD-ROM Version 4.0). Oxford University Press. 2009. ISBN 978-0-19-956383-8. 
  3. ^ Carmichael, Stokely; Hamilton, Charles V. (1967). Black Power: Politics of Liberation (edisi ke-November 1992). New York: Vintage. hlm. 4. ISBN 978-0679743132. 
  4. ^ "The Stephen Lawrence Inquiry: Report of an Inquiry by Sir William MacPherson of Cluny" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 23 November 2017. Diakses tanggal 12 February 2018. 
  5. ^ Home Office, The Stephen Lawrence Inquiry: Report of an Inquiry by Sir William Macpherson of Cluny, Cm 4262-I, February 1999, para 6.34 (cited in Macpherson Report—Ten Years On in 2009); available on the official British Parliament Website.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Rasisme