Rantai berat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Illustrasi molekul antibodi. Rantai berat berwarna merah dan biru. Rantai ringan berwarna hijau dan kuning.The two heavy chains are colored red and blue and the two light chains green and yellow. Lihat juga: [1] Diarsipkan 2007-04-19 di Wayback Machine.

Rantai berat (en:heavy chain, immunoglobulin heavy chain) adalah dua rantai protein yang identikal pada molekul antibodi yang mengandung jumlah asam amino paling banyak, sehingga mempunyai berat molekul lebih besar.[1] Rantai berat merupakan polipeptida (en:polypeptide) berukuran besar, sejenis protein seperti protein motor (misalnya myosin, kinesin atau dynein).

Pada umumnya, sebuah antibodi terdiri dari dua buah rantai berat immunoglobulin (Ig) dan dua buah rantai ringan Ig. Tipe rantai berat menunjukkan kelas (en:isotype) dari sebuah antibodi. Antigen binding region pada antibodi terdiri dari variasi domain rantai berat dan rantai ringan (VH dan VL). Pada rantai berat terdapat deret domain immunoglobulin, biasanya dengan satu domain variabel (VH) yang penting untuk mengikat antigen, dan beberapa domain konstan (CH1, CH2, dll).

Pada antibodi rantai berat, immunoglobulin hanya terdiri dua rantai berat tanpa dua rantai ringan. Antibodi rantai berat dapat mengikat antigen yang tergolong pada domain VH saja. Hal ini dikembangkan untuk jenis fragmen antibodi yang baru dengan potensi therapeutic. Antibodi tersebut kemudian dikenal sebagai antibodi domain tunggal.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]