Rangka lengkung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rangka lengkung Leigh Court Barn, Worcester, Inggris
Rumah Panjang Moirlanich, sebuah rumah kayu dengan rangka lengkung

Rangka lengkung adalah kayu melengkung, berpasangan, yang menopang atap suatu bangunan, yang secara historis digunakan di Inggris dan Wales. Rangka kayu jenis ini terdiri dari anggota kayu yang panjang, umumnya melengkung alami, bersandar ke dalam dan membentuk bubungan atap. Tiang-tiang ini umumnya diikat dengan balok horizontal yang kemudian membentuk bentuk "A". Beberapa dari rangka lengkung ini dibangun di atas tanah dan kemudian diangkat ke posisinya.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Rangka lengkung terutama digunakan pada periode abad pertengahan untuk bangunan seperti rumah dan lumbung persepuluhan besar, yang seluruhnya berbingkai kayu. Mereka juga sering digunakan untuk atap bangunan berdinding batu seperti gereja. Namun, kayu bengkok ini relatif langka karena permintaannya juga tinggi untuk industri pembuatan kapal.

Jika kayu yang melengkung secara alami mudah didapat dan tersedia, para tukang kayu terus menggunakannya di kemudian hari. Misalnya, rangka lengkung dasar ditemukan di atap kawasan perumahan Staple Inn Buildings, Nos. 337 – 338, High Holborn, London. Berdasarkan catatan yang terdokumentasi, ini bertanggal tahun 1586, dengan perubahan signifikan pada tahun 1886 (di bawah pemerintahan Alfred Waterhouse ) dan restorasi lebih lanjut pada tahun 1936, dan 1954–55. Terlepas dari perubahan ini, Cecil Hewett, pakar Pertukangan Bersejarah Inggris, menyatakan bahwa rangka lengkung abad ke-16 ini adalah asli.

Gudang utama yang besar di rumah bangsawan Barlow Woodseats Hall menampilkan apa yang diklaim sebagai gudang beratap rangka lengkung terpanjang di Derbyshire, dan bahkan mungkin di Inggris

Contoh gudang dengan rangka lengkung Yorkshire lengkap dengan atap jerami dapat ditemukan di Appletreewick . [1]

Contoh langka dari rangka lengkung ditemukan di benua Eropa seperti di Belgia, [2] Flanders, Perancis Utara dan wilayah Corrèze di Perancis. [3] Tidak ada rangka lengkung yang diketahui dibuat di Amerika Utara meskipun ada contoh langka yang mungkin merupakan kasau lengking atas kasau lutut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Craven Cruck Barn". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-15. Diakses tanggal 2013-01-06. 
  2. ^ Alcock, Nat (June 5, 2011). "The Significance of the Cruck Construction at Néchin, Belgium". L'architecture vernaculaire. 
  3. ^ "La charpente à cruck" (dalam bahasa Prancis).