Rama Pratama (politikus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rama Pratama
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat
Masa jabatan
1 Oktober 2004 – 30 September 2009
Daerah pemilihanDKI Jakarta I
Informasi pribadi
Lahir17 November 1974 (umur 49)
Jakarta, Indonesia
Partai politikPKS (sebelumnya)
Suami/istriAlin Halimatussadiyah
Anak2
Alma materUniversitas Indonesia
Pekerjaan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Rama Pratama (lahir 17 November 1974) adalah salah seorang aktivis dan politikus Indonesia. Ia merupakan pimpinan aktivis mahasiswa pada masa reformasi (1998) yang kemudian terjun ke dunia politik dan menjadi Anggota DPR-RI dari 2004 hingga 2009 mewakili daerah pemilihan DKI Jakarta I.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Ia pernah bersekolah di SD 05 Pagi Tanjung Barat, SMP Negeri 98 dan SMA Negeri 28. Ia memulai kiprahnya ketika ia menjadi Ketua Senat Mahasiswa Universitas Indonesia (SM UI) periode 1997—1998. Bersama rekan-rekannya dari SM UI dan perguruan tinggi lain rama bergabung dengan Forum Komunikasi Senat Mahasiswa se-Jakarta (FKSMJ) dan menuntut reformasi dengan tuntutan meminta mundur Presiden RI saat itu, Soeharto. Tidak heran kemudian Rama menjadi salah satu aktivis gerakan mahasiswa yang di belakangnya terkait dengan partai politik zaman orde lama (Partai Sosialis Indonesia) yang mencuat pada tahun 1998. pemikiran-pemikiran dan ide-ide rama tentang terbentuknya sebuah masyarakat sosialis cukup cemerlang sehingga dirinya dilirik oleh PKS.

Bekerja dan masuk partai[sunting | sunting sumber]

Setelah meninggalkan status kemahasiswaan, Rama sempat menjadi auditor di Kantor Akuntan Publik Ernst & Young (1999—2001). Kemudian mendirikan kantor konsultan bisnis, MBS Consulting, bersama beberapa rekannya pada tahun 2001. Rama melepaskan statusnya sebagai Partner di MBS Consulting setelah ia terpilih menjadi anggota DPR-RI melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari daerah pemilihan DKI Jakarta I. Pilihan ini dilakukan dengan niat agar turut memberi kontribusi melakukan perubahan dari dalam parlemen agar arah reformasi tidak melenceng dan aspirasi rakyat terapresiasi.

Di DPR-RI, Rama Pratama menjadi anggota Fraksi PKS yang bertugas di Komisi XI (Keuangan Negara, Perencanaan Pembangunan dan Perbankan) dan juga Panitia Anggaran.

Aktivitas kepemudaan[sunting | sunting sumber]

Selain aktivitas di DPR, Rama Pratama kini mengetuai organisasi kepemudaan, Gerakan Persaudaraan Pemuda Keadilan, yang merupakan organisasi pemuda onderbouw PKS, Ketua DPP KNPI Bidang Hukum dan HAM Periode 2005—2008, Wakil Sekjen International Islamic Federation of Student & Youth Organization (IIFSO) periode 2006—2009. Ia juga menjadi Wakil Ketua Ikatan Lulusan Universitas Indonesia (ILUNI) FEUI untuk periode kepengurusan 2003—2006.[1]

Rama dilahirkan sebagai anak pertama dari dua bersaudara. Kini Rama tinggal di rumah dinasnya di Komplek DPR RI, Kalibata bersama istrinya Alin Halimatussadiyah, lulusan Program Pasca Sarjana Ilmu Ekonomi FEUI, dan kedua anaknya Muhammad Alaudin Zufar (5 tahun) dan Muhammad Rahman Fadhil (2 tahun).[2]

Pada Pemilihan umum Wali Kota Depok tahun 2020, Ia sempat maju sebagai calon Wali Kota Depok dari PDI Perjuangan.[3] Setelah itu, Ia kemudian ditunjuk oleh Erick Thohir sebagai komisaris utama Telkomsat.[4][5][6][7]

Mundur Dari Dunia Politik[8][sunting | sunting sumber]

Rama mengaku keinginan mundur dari panggung politik tidak lepas dari pemikirannya untuk memberi kontribusi lebih bagi bangsa dan negara.

"Saya mengukur kapasitas dan kemampuan saya. Terus terang, ongkos politik sekarang makin mahal dan itu sudah di luar kapasitas saya," kata Rama, dalam sebuah wawancara eksklusif.Dalam konteks aktivis, dia tetap ingin berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Dia mengungkapkan kisah keluar dari partai politik, saat teman sekampusnya di UI, Fahri Hamzah dipecat PKS pada 2016. Dia mengaku sering berdebat keras dengan Fahri. Tetapi dia tidak setuju jika perbedaan pendapat berakhir dengan pemecatan. Rama menegaskan bahwa masa depan politiknya di PKS sudah selesai karena ikut mendukung Fahri Hamzah yang sudah mendirikan partai politik baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Susila, Pilar Asa. "Profil - Rama Pratama". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-06-04. 
  2. ^ http://www.fe.iluni.or.id Rama Pratama, SE.Ak Diarsipkan 2012-04-01 di Wayback Machine.
  3. ^ Jatim, Redaksi (2020-06-28). "Rama Pratama Politisi Muda PDIP Kuda Hitam di Pilkada Depok - reportase.tv berita news reportase,tv". reportase.tv. Diakses tanggal 2022-01-03. 
  4. ^ Wareza, Muh Iqbal & Monica. "Eks Kader PKS Rama Pratama Ditunjuk Jadi Komisaris Telkomsat". CNBC Indonesia. Diakses tanggal 2022-01-03. 
  5. ^ Amelia, Vini Rizki. "Gagal Jadi Bakal Calon Depok 1, Rama Pratama Sebut Tak Ada Masalah dengan Pradi dan Kandidat Lain". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2022-01-03. 
  6. ^ "Tunggu Rekom PDIP, Rama Pratama Siap Segarkan Depok". Republika Online. 2020-06-27. Diakses tanggal 2022-01-03. 
  7. ^ Velarosdela, Rindi Nuris (2020-01-16). Carina, Jessi, ed. "Deklarasi sebagai Bakal Calon Wali Kota Depok, Siapa Rama Pratama?". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-01-03. 
  8. ^ Rama, Hironimus. "Rama Pratama Merasa Lebih Nyaman Beralih ke Dunia Teknokrat setelah Mundur dari Panggung Politik". Wartakotalive.com. Diakses tanggal 2023-06-04.