Rama Pratama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rama Pratama
220px
Lahir 17 November 1974 (umur 42)
Bendera Indonesia Jakarta
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Almamater Universitas Indonesia
Pekerjaan Politisi
Dikenal karena Aktivis reformasi
Anggota DPR-RI
Agama Islam
Pasangan Alin Halimatussadiyah
Anak Muhammad Alaudin Zufar
Muhammad Rahman Fadhil

Rama Pratama (lahir di Jakarta, 17 November 1974; umur 42 tahun) adalah salah seorang pimpinan aktivis mahasiswa pada masa reformasi (1998) yang kemudian terjun ke dunia politik dan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 2004-2009 dari PKS.

Memulai kiprahnya ketika ia menjadi Ketua Senat Mahasiswa Universitas Indonesia (SM UI) periode 1997—1998. Bersama rekan-rekannya dari SM UI dan perguruan tinggi lain rama bergabung dengan Forum Komunikasi Senat Mahasiswa se-Jakarta (FKSMJ) dan menuntut reformasi dengan tuntutan meminta mundur Presiden RI saat itu, Soeharto. Tidak heran kemudian Rama menjadi salah satu aktivis gerakan mahasiswa yang di belakangnya terkait dengan partai politik zaman orde lama (Partai Sosialis Indonesia) yang mencuat pada tahun 1998. pemikiran-pemikiran dan ide-ide rama tentang terbentuknya sebuah masyarakat sosialis cukup cemerlang sehingga iapun dilirik oleh PKS.

Bekerja dan masuk partai[sunting | sunting sumber]

Setelah meninggalkan status kemahasiswaan, Rama sempat menjadi auditor di Kantor Akuntan Publik Ernst & Young (1999—2001). Kemudian mendirikan kantor konsultan bisnis, MBS Consulting, bersama beberapa rekannya pada tahun 2001. Rama melepaskan statusnya sebagai Partner di MBS Consulting setelah ia terpilih menjadi anggota DPR RI melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari daerah pemilihan DKI Jakarta I. Pilihan ini dilakukan dengan niat agar turut memberi kontribusi melakukan perubahan dari dalam parlemen agar arah reformasi tidak melenceng dan aspirasi rakyat terapresiasi.

Di DPR RI, Rama Pratama menjadi anggota Fraksi PKS yang bertugas di Komisi XI (Keuangan Negara, Perencanaan Pembangunan dan Perbankan) dan juga Panitia Anggaran.

Aktivitas kepemudaan[sunting | sunting sumber]

Selain aktivitas di DPR, Rama Pratama kini mengetuai organisasi kepemudaan, Gerakan Persaudaraan Pemuda Keadilan, yang merupakan organisasi pemuda underbow PKS, Ketua DPP KNPI Bidang Hukum dan HAM Periode 2005—2008, Wakil Sekjen International Islamic Federation of Student & Youth Organization (IIFSO) periode 2006—2009. Ia juga menjadi Wakil Ketua Ikatan Lulusan Universitas Indonesia (ILUNI) FEUI untuk periode kepengurusan 2003—2006.

Rama dilahirkan sebagai anak pertama dari dua bersaudara. Kini Rama tinggal di rumah dinasnya di Komplek DPR RI, Kalibata bersama istrinya Alin Halimatussadiyah, lulusan Program Pasca Sarjana Ilmu Ekonomi FEUI, dan kedua anaknya Muhammad Alaudin Zufar (5 tahun) dan Muhammad Rahman Fadhil (2 tahun)[1].

Referensi[sunting | sunting sumber]