RH Plus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

RH Plus (RHプラス) adalah sebuah manga karya Suwa Ayako. Manga ini diserialkan di Komik B's-Log Enterbrain antara tahun 2006 dan 2009. Serial ini telah dikumpulkan dalam empat volume tankōbon dan dilisensikan dalam bahasa Inggris oleh Digital Manga Publishing [1]. Sebuah adaptasi seri live-action telah ditayangkan pada tanggal 2 Januari 2008[2].

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Drama ini bercerita tentang kehidupan 4 vampir yang hidup di sebuah rumah bergaya Eropa bernama Eternal Moon Manor. Ke-4 vampir itu diceritakan hidup seperti layaknya manusia biasa. Mereka minum darah hanya saat malam bulan purnama. Hari biasa mereka meminum jus tomat sebagai pengganti darah. Di drama ini karakter yang paling ditonjolkan adalah Nogami Makoto, salah seorang dari 4 vampir. Bisa dibilang ia adalah orang baru di Eternal Moon Manor. Ia datang beberapa bulan sebelum kisah ini dimulai.

Makoto adalah seorang vampir yang mempunyai ibu seorang manusia. Ayahnya seorang vampir berumur 300 tahun. Saat kecil, ibu Makoto selalu membuat Makoto bahagia sampai di mana hari menyakitkan bagi Makoto datang. Makoto yang lapar, memakan hati ayam mentah. Ibunya yang sangat takut melihat tindakan Makoto lalu mencekik Makoto. Makoto pingsan, tetapi ibunya mengira Makoto sudah mati. Saat Makoto bangun, ibunya histeris dan mengatainya "iblis". Hari berikutnya, Makoto dibawa ke sebuah gereja oleh ibunya. Makoto diserahkan kepada pendeta bule di gereja itu. Ibunya menganggap Makoto iblis. Makoto lalu dikurung oleh pendeta. Makoto hidup sengsara di bawah siksaan pendeta. Makoto berada di gereja sampai ia SMA. Di sekolah ia dipanggil iblis karena tingkah lakunya yang aneh. Sampai suatu hari, ia kembali dipukuli oleh pendeta saat pulang sekolah. Makoto yang kesal lalu menghisap darah pendeta. Makoto lari dan berniat bunuh diri. Namun, Ageha mencegahnya dan mengajaknya bergabung di Eternal Moon Manor dan hidup bersama Ageha, Masakazu dan Kiyoi. Saat kisah dimulai, mereka berempat menjalani kehidupan layaknya manusia. Mereka sekolah dan pergi ke goukon. Mereka biasa membantu polisi dalam menyelesaikan kasus sulit. Di episode 11, ayah Makoto muncul dan mencoba untuk membawa Makoto, tetapi Makoto tetap ingin hidup bersama teman-temannya di Eternal Moon Manor. Di akhir episode 13, Makoto, Ageha, Masakazu dan Kiyoi foto bersama.

Plot[sunting | sunting sumber]

Serial ini mengikuti kehidupan sehari-hari keluarga vampir yang tinggal bersama di sebuah bangunan bergaya Eropa yang dikenal sebagai 'Eternal Moon Mansion'. Kiyoi adalah yang tertua yang mengurus orang lain dan bertindak sebagai figur ayah, Masakazu adalah seorang mahasiswa yang mendapat informasi tentang kegiatan kriminal, sedangkan anggota termuda, Ageha dan Makoto, adalah siswa sekolah menengah. Keduanya cenderung berakhir membantu Masakazu, apakah mereka benar-benar mau atau tidak. Mereka melawan kejahatan ketika polisi tidak mau atau tidak mampu melakukannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Makoto Nogami (野, Nogami Makoto )
Diperankan oleh: Yū Miura
Seorang siswa sekolah menengah berusia enam belas tahun. Makoto adalah anak laki-laki introvert dan pendiam yang jarang berbicara. Dia tidak pernah mengatakan apa yang sebenarnya dia pikirkan. Dia setengah vampir dan setengah manusia; ibunya meninggalkan dia di gereja ketika dia masih kecil, mengutuk dia sebagai 'setan' dan menyesal melahirkan dia. Di gereja, dia dianiaya oleh seorang pendeta, yang meninggalkan trauma besar padanya. Dia dibawa oleh Kiyoi setelah percobaan bunuh diri. Meskipun awalnya dia merasa tidak cocok dengan keluarga, dia kemudian merasa nyaman tinggal bersama yang lain.
Ageha Setō (瀬戸, Setō Ageha )
Diperankan oleh: Rakuto Tochihara
Awalnya manusia, Ageha adalah orang pertama yang diadopsi oleh Kiyoi setelah kematian orang tua dan neneknya ketika dia masih sangat muda. Dia sangat dekat dengan Kiyoi, yang sangat dia cintai dan memandangnya sebagai figur ayah. Kekanak-kanakan dan riang, dia sangat sensitif dan memiliki kemampuan untuk bersimpati dengan vampir lain.
Masakazu Tamura (田村, Tamura Masakazu )
Diperankan oleh: Naoya Ojima
Seorang mahasiswa, yang kedua diadopsi oleh Kiyoi. Masakazu sangat naif dan sering bertindak bodoh, namun, dia adalah pembaca yang berdedikasi dan memiliki ingatan yang sangat baik, memungkinkan dia untuk menghafal banyak informasi. Kamarnya penuh dengan buku dan selalu berantakan. Orang tuanya adalah vampir dan dia tiba di Eternal Moon Mansion ketika dia berusia sekitar lima belas tahun. Dia telah menyatakan dirinya sebagai " Pangeran Goukon ", meskipun dia tidak pernah beruntung dengan gadis-gadis.
Kiyoi (きよい)
Diperankan oleh: Hassei Takano
Pemilik Eternal Moon Mansion dan wali sah Makoto, Ageha, dan Masakazu. Sepintas dia tampak berusia tiga puluhan, tetapi sebenarnya dia berusia lebih dari 100 tahun. Kiyoi sangat sopan dan baik, meskipun dia bisa sangat menakutkan ketika dia marah. Ia cenderung melankolis dan sedih sejak kematian Dōzan, pria yang ia cintai. Dia merasa marah karena Dōzan tidak setuju untuk menjadi vampir, malah memilih untuk mati sebagai manusia, yang juga menyebabkan dia memiliki banyak kemarahan yang tertahan. Karena dia tahu rasa sakit kehilangan seseorang yang tersayang, dia menganggap keluarganya saat ini sangat penting dan sering kali terlalu melindungi anak laki-lakinya.
Haruka Konoe (此衣, Konoe Haruka )
Diperankan oleh: Rei Fujita
Seorang vampir, seorang mahasiswa yang bertemu Masakazu selama goukon dan sejak itu menyaingi dia untuk mendapatkan perhatian para gadis. Dia mengunjungi Eternal Moon Mansion sesekali, yang membuat Masakazu sangat kesal. Dia sangat tampan dan karismatik, dan menjadi objek dambaan banyak gadis.
Ami Misaki (岬亜, Misaki Ami )
Diperankan oleh: Haruka Tomatsu
Teman sekelas Makoto dan Ageha. Pada awalnya, dia menganggap hidupnya membosankan dan setelah mengetahui bahwa Makoto adalah seorang vampir, dia menculiknya dan ingin dia menggigitnya untuk menjadi vampir juga. Setelah dihentikan oleh Kiyoi, dia mengakui apa yang telah dia lakukan dan meminta maaf kepada Makoto. Dia akhirnya terobsesi dengan Kiyoi, sangat sering mengunjungi Eternal Moon Mansion dan menyaingi Ageha untuk mendapatkan perhatian di kemudian hari. Karakternya hanya relevan dalam drama. Di manga, namanya tidak pernah disebutkan dan setelah kejadian itu, dia dipindahkan ke sekolah lain.
Michitaka (道隆)
Diperankan oleh: Kentar Miyagi
Terutama dikenal sebagai 'Tuan', adalah cucu Dōzan dan orang yang memberikan kasus untuk Kiyoi dan anak laki-laki. Dia terlihat seperti kakeknya ketika dia masih muda, meskipun menurut Kiyoi, kepribadiannya sangat bertolak belakang. Dia sering mengeluh kepada Kiyoi bahwa dia tidak bisa memahami hobinya bermain 'menjadi keluarga' dengan anak laki-laki, tapi dia tetap menghormati keputusannya. Dia tampaknya memiliki cinta bertepuk sebelah tangan untuk Kiyoi.
Dozan (道山)
Diperankan oleh: Kentar Miyagi
Adalah kakek almarhum Michitaka. Meskipun hubungannya dengan Kiyoi tidak pernah sepenuhnya dijelaskan, keduanya dulunya adalah teman baik dan itu menunjukkan bahwa Kiyoi jatuh cinta padanya. Dia hanya muncul dalam kilas balik, dan dia meninggalkan Eternal Moon Mansion kepada Kiyoi setelah dia meninggal. Kematiannya sangat mempengaruhi Kiyoi, yang bahkan setelah lebih dari sepuluh tahun dia masih berduka atas kematiannya.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga [ sunting sumber ][sunting | sunting sumber]

Serial ini diserialkan di Enterbrain 's B's-Log Comic dari 12 Maret 2006 hingga 12 Mei 2009. Empat volume telah diterbitkan di Jepang. Manga ini telah dilisensikan untuk diterbitkan di Amerika Utara oleh Digital Manga Publishing . Di Jerman, itu dilisensikan oleh Egmont Manga.

Aksi langsung [ sunting sumber ][sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi seri live-action yang diproduksi oleh Tokyo MX diumumkan pada 18 Desember 2007. Serial ini dirilis pada 2 Januari 2008 dan berakhir pada 26 Maret 2008. Disutradarai oleh Ryūichi Ichino, ditulis oleh Megumu Sasano dan Kimiko Ueno, dan dibintangi oleh Yū Miura, Rakuto Tochihara , Naoya Ojima, dan Hassei Takano . Serial ini dilisensikan di Amerika Serikat oleh Crunchyroll [3].

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Digital Manga Publishing Adds More Titles". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-25. 
  2. ^ "RH Plus Boys-Love Vampire Manga Gets Live-Action Drama". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-25. 
  3. ^ "Crunchyroll Adds RH Plus Vampire Boys-Love Drama (Updated)". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-25.