README

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Berkas README untuk cURL

README adalah sebuah berkas yang berisi informasi tentang berkas lain di dalam direktori atau arsip perangkat lunak komputer. Sebuah bentuk dokumentasi, biasanya adalah berkas teks sederhana yang bernama READ.ME, README.TXT, README.md (untuk berkas teks yang menggunakan markup markdown), README.1ST – atau hanya README.

Nama berkas pada umumnya ditulis dalam huruf besar. Pada sistem operasi bertipe Unix, hal ini membuat berkas README mudah diperhatikan.

Konten[sunting | sunting sumber]

Konten dari README biasanya mencakup satu atau beberapa hal sebagai berikut:

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tidak jelas kapan konvensi tersebut dimulai, namun ada beberapa contoh yang berasal dari pertengahan tahun 1970an.[2][3]

Secara khusus, ada sejarah panjang tentang perangkat lunak bebas dan perangkat lunak sumber terbuka yang memasukkan berkas README ke dalam sebuah proyek; sebenarnya itu adalah persyaratan dalam Standar Koding GNU.[4]

Sejak kemunculan web sebagai platform standar untuk distribusi perangkat lunak, banyak paket-paket perangkat lunak telah memindahkan (atau kadang-kadang, menyalin) beberapa berkas tambahan dan potongan informasi ke situs web atau wiki, terkadang termasuk README itu sendiri, atau terkadang hanya meninggalkan berkas README singkat tanpa semua informasi yang dibutuhkan oleh pengguna baru perangkat lunak.

Baru-baru ini, penyedia layanan populer repositori Git milik GitHub[5] sangat menganjurkan menambahkan berkas README - jika berkas tersebut berada di bagian direktori tingkat atas, maka berkas README tersebut akan ditampilkan secara otomatis di halaman web utama. Sementara jenis teks biasa, berbagai berkas dengan ekstensi dan format yang berbeda juga telah didukung,[6] dan dikonversi ke HTML.

Istilah umum[sunting | sunting sumber]

Ungkapan berkas "README" juga kadang-kadang digunakan secara umum, untuk berkas dengan tujuan yang sama. Misalnya, distribusi kode sumber dari banyak paket perangkat lunak bebas, terutama yang mengikuti Standar Gnits atau yang diproduksi dengan GNU Autotools, berikut adalah satu set standar berkas README:

README Informasi umum
AUTHORS Kredit
THANKS Ucapan terima kasih
CHANGELOG Sebuah rincian changelog, ditujukan untuk pemrogram
NEWS Sebuah changelog dasar, ditujukan untuk pengguna
INSTALL Petunjuk instalasi
COPYING / LICENSE Informasi hak cipta dan perizinan
BUGS Kekutu yang diketahui dan petunjuk untuk melaporkan kekutu yang baru

Berkas lain yang umum didistribusikan dengan perangkat lunak yang berisi README adalah FAQ dan daftar TODO yang berisi informasi perubahan di masa depan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Manes, Stephen (November 1996). "README? Sure--before I buy!". PC World. 14 (11): 366. 
  2. ^ http://pdp-10.trailing-edge.com/decuslib10-04/index.html
  3. ^ http://pdp-10.trailing-edge.com/decus_20tap3_198111/01/decus/20-0079/readme.txt.html
  4. ^ https://www.gnu.org/prep/standards/html_node/Releases.html#Releases
  5. ^ "Code-sharing site Github turns five and hits 3.5 million users, 6 million repositories". TheNextWeb.com. 2013-04-11. Diakses tanggal 2018-01-18. 
  6. ^ "Markup". GitHub. GitHub. 25 December 2014. Diakses tanggal 18 January 2018.