Quang Trung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nguyễn Nhạc
Kaisar Annam
NguyenHue.jpg
Kaisar Quangtrung.
Berkuasa1778–1793
PendahuluDinasti Lê
PenerusQuang Trung
Lahir1753
Wafat1792
WangsaDinasti Tây Sơn
Nama lengkap
Nguyễn Huệ
Nama anumerta
Dinasti Minh Đức

Quang Trung, Nguyễn Huệ (Hán tự: 阮惠), juga dikenal sebagai Kaisar Quang Trung (光中) (lahir di Bình Định, 0 Desember 1753 – meninggal di Phú Xuân, 16 September 1792 pada umur 39 tahun), adalah kaisar kedua dari dinasti Tây Sơn dari Vietnam, memerintah dari 1788 sampai 1792. Dia juga salah satu komandan militer yang paling sukses dalam sejarah Vietnam, meskipun ia dikenal telah mencapai prestasi ini dengan kejam, pembunuhan besar-besaran terutama seluruh Nguyen lords keluarga. Ia mengalahkan invasi dinasti Qing (Tiongkok) murah dari Vietnam utara serta invasi Siam murah dari Vietnam selatan. Dia juga bermain tokoh kunci dalam mengalahkan kedua Nguyen Lord di selatan dan Trinh Lord di utara, dengan demikian mengakhiri sebuah divisi seratus tahun panjang Dai Viet.

Nguyễn Huệ dan saudara-saudaranya, bersama-sama dikenal sebagai saudara Tây Son, adalah pemimpin pemberontakan Tây Sơn terkenal. Sebagai pemberontak, mereka menaklukkan Vietnam, menggulingkan kekaisaran Kemudian Dinasti Lê dan dua rumah feodal saingan dari Nguyễn di selatan dan Trịnh di utara.

Setelah beberapa tahun kampanye militer konstan dan aturan, Nguyễn Huệ meninggal pada usia 40, mungkin karena stroke. Legenda mengatakan bahwa ia meninggal sebenarnya karena ia dihukum oleh roh-roh dari tuan Nguyen mati yang kuburan ia serius menghina. Sebelum kematiannya, ia telah membuat rencana untuk melanjutkan perjalanannya ke selatan untuk menghancurkan tentara Nguyễn Ánh, ahli waris yang masih hidup dari tuan Nguyễn. kematian Nguyễn Huệ ini menyebabkan kejatuhan dinasti Tây Sơn. penerusnya tidak dapat mengikuti rencana yang telah dibuat untuk berkuasa Vietnam. Namun, penaklukan UU menandai awal dari sekitar abad di mana Vietnam adalah baik terpadu dan independen hingga penaklukan Barat Vietnam pada tahun 1884.