Python (primer nuklir)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Menurut peneliti Chuck Hansen, W34 Python adalah bahan primer fisi yang didukung gas yang digunakan dalam beberapa desain senjata termonuklir Amerika.

Penelitian Hansen menunjukkan bahwa W34 Python primer digunakan dalam bom nuklir B28 AS, W28, W40, dan W49, dan sebagai hulu ledak fisi yang diperkuat tanpa termonuklir tahap kedua di beberapa senjata lainnya. Ini adalah torpedo kelas berat Mark 45 ASTOR berpemandu kawat berukuran 19 inci (48 cm), yang diluncurkan dari kapal selam; bom kedalaman nuklir Mk 101 Lulu; bom laydown Mk 105 Hotpoint.

Selain itu, Python W34 yang diinggriskan yang dikenal di Inggris sebagai 'Peter' diproduksi di Inggris sebagai yang utama untuk Red Snow, yang merupakan hulu ledak W28 yang diinggriskan. Peter juga diusulkan sebagai pengganti hulu ledak Red Beard yang ditempatkan di bangkai Red Beard, dan sebagai ranjau darat nuklir Violet Mist untuk Angkatan Darat Inggris di Jerman.

W34 menggunakan bahan peledak tinggi Octol, varian dari HMX dan TNT sebagai bahan untuk lensa ledakannya, dan bahan peledak yang relatif tidak canggih yang ada sebelum PBX ini mungkin menjadi alasan mengapa Inggris mengadopsi hulu ledak ini, sejak mereka mencoba untuk mengerahkan hulu ledak termonuklir untuk pembom strategis mereka dengan cepat, dan Inggris berpengalaman dalam pembuatan, penyimpanan, dan penggunaan bahan peledak lelehan ini.

Dokumen militer Inggris yang tidak diklasifikasikan juga merujuk pada 'Low-Yield-Python' dan roket udara-ke-udara AIR-2 Genie yang sedang dipertimbangkan oleh Inggris untuk pencegat mereka, menunjukkan bahwa ada hubungan desain dengan hulu ledak hasil rendah W25. Belum ada bukti kuat, namun hasil 11 kt dari W34 Python akan turun ke angka yang sebanding dengan W25 tanpa peningkatan bahan bakar.

Bukti sejarah menunjukkan bahwa senjata-senjata ini memiliki masalah keandalan, yang Hansen kaitkan dengan kesalahan perhitungan penampang reaksi tritium dalam reaksi fusi. Senjata-senjata tersebut tidak diuji secara ekstensif seperti beberapa model sebelumnya karena moratorium uji coba nuklir pada pertengahan tahun 1960-an, dan masalah keandalan ditemukan dan diperbaiki setelah moratorium berakhir. Cacat tersebut tampaknya umum terjadi pada desain utama W44 Tsetse.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]