Pyinmana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Letak Pyinmana di Myanmar

Pyinmana (bahasa Myanmar: Bscript pyinmanamyo.png) adalah sebuah kota di distrik Mandalay, Myanmar. Pyinmana menjadi ibu kota Myanmar pada tanggal 7 November 2005. Pyinmana berjarak sekitar 320 km sebelah utara Yangon. Penduduknya berjumlah 100.000 jiwa (perkiraan 2006).

Pemerintahan junta militer Myanmar memindahkan kementerian pemerintahan dari Yangon (Rangoon) ke Pyinmana pada 7 November 2005 pada pukul 06:36. Pada 11 November pukul 11:00, konvoi kedua yang terdiri dari 1.100 truk militer membawa 11 batalion militer dan 11 kementrian pemerintahan meninggalkan Yangon.

Alasan pemindahan ini masih belum jelas. Beberapa staf pemerintahan memberi alasan yaitu bahwa kota tersebut lebih berada di pusat dan berlokasi di tempat yang lebih baik untuk melayani kebutuhan negara. Beberapa juga mengatakan bahwa kota tersebut yang berlokasi strategis (berada lebih jauh ke arah daratan dibandingkan Yangon), untuk mengantisipasi situasi ketika Myanmar menghadapi serangan seperti yang dialami Irak.

Sejak bulan Maret 2006, media massa dan instansi pemerintah setempat menamakan ibu kota ini sebagai "Naypyidaw" (Nei Pyi Do) (ibu kota tempat kediaman raja).

Pada 27 Maret, sebuah parade militer yang melibatkan lebih dari 12.000 tentara digelar di kota ini guna merayakan Hari Angkatan Bersenjata.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]