Putren

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Semangkuk putren yang telah dimasak
Tumis campuran sayuran termasuk putren

Putren[1] (serapan Bahasa Jawa:ꦥꦸꦠꦿꦺꦤ꧀) atau jagung muda adalah biji serealia yang diambil dari jagung yang dipanen lebih awal saat batangnya masih kecil dan belum matang. Biasanya dimakan utuh termasuk tongkolnya, yang jika tidak terlalu keras untuk dikonsumsi manusia dalam jagung matang dalam bentuk mentah, asinan, dan dimasak. Baby corn biasa digunakan dalam masakan tumis.

Metode produksi[sunting | sunting sumber]

Ada dua cara untuk menghasilkan putren: baik sebagai tanaman primer, atau sebagai tanaman sekunder dalam penanaman jagung manis atau jagung ladang. Pada metode pertama, varietas benih dipilih dan ditanam hanya untuk menghasilkan putren.[2] Banyak varietas yang cocok, tetapi varietas yang dikembangkan khusus untuk putren cenderung menghasilkan lebih banyak tongkol per tanaman. Pada metode produksi kedua, varietas dipilih untuk menghasilkan jagung manis atau ladang. Bulir kedua dari pucuk tanaman dipanen untuk putren, sedangkan bulir atas dibiarkan matang.

Kuping jagung bayi dipetik dengan tangan segera setelah sutera jagung muncul dari ujung telinga, atau beberapa hari setelahnya. Jagung umumnya matang dengan sangat cepat, sehingga panen jagung muda harus diatur waktunya dengan hati-hati untuk menghindari berakhirnya jagung yang lebih matang. Telinga bayi jagung biasanya memiliki panjang 4,5–10 cm (1+3⁄4–4 inci) dan diameter 0,7 hingga 1,7 cm (1⁄4–3⁄4 inci).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Livia (2019-11-04). "Khasiat Jagung Putren Bagi Kesehatan Tubuh". DuniaMasak. Diakses tanggal 2023-04-19. 
  2. ^ "Wayback Machine" (PDF). web.archive.org. 2016-12-29. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2016-12-29. Diakses tanggal 2023-04-19.