Puting duri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Puting duri dan duri Rhodocactus grandifolius seperti pohon

Dalam botani, areola atau puting duri adalah tonjolan kecil berwarna terang hingga gelap pada kaktus yang darinya tumbuh kelompok duri . Puting duri adalah fitur diagnostik penting dari kaktus, dan mengidentifikasinya sebagai keluarga yang berbeda dari tumbuhan sukulen lainnya.[1] [2] Duri tidak mudah dilepas, tetapi pada kaktus tertentu, anggota subfamili Opuntioideae, bulu yang lebih kecil dan dapat dilepas, glochids, juga tumbuh dari puting duri dan memberikan perlindungan tambahan.

Puting duri mewakili cabang kaktus yang sangat terspesialisasi. Rupanya, mereka berevolusi sebagai tunas cabang yang gagal sementara duri mereka berevolusi sebagai sisa daun. [2] Pada kaktus bercabang, seperti Opuntiodiae dan saguaro, cabang baru tumbuh dari puting duri, karena di situlah kuncupnya berada. Perkembangan puting duri tampaknya menjadi elemen penting dalam adaptasi kaktus ke relung ekologi gurun.

Beberapa Opuntioideae memiliki duri, serta glosid, di puting durinya; beberapa hanya memiliki glochid. Secara struktural, glosid tampak seperti bulu daripada daun yang berevolusi . Mereka dapat dilepas dan menyerupai serpihan kecil yang tajam. Berbeda dengan duri, glosid umumnya berduri dan sangat sulit dihilangkan dari kulit .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anderson, Edward F., The Cactus Family, Pub: Timber Press 2001 ISBN 978-0-88192-498-5
  2. ^ a b Gordon Rowley - What is an Areole ?